Teknologi AI Membantu The Beatles Bikin Lagu Baru Terakhir, Akan RIlis Tahun Ini

Gambar Gravatar
The beatles

FARMANDEH.NET, LONDON— Meski sang Vokalis John Lennon sudah tiada, namun The Beatles akan kembali dengan rilis lagu terbaru dan terakhir yang dibuat dengan bantuan┬áKecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Paul McCartney, personel The Beatles yang masih hidup, mengungkapkan hal ini dalam wawancara dengan BBC pada hari Selasa lalu sebagaimana dilansir dari AP News.

McCartney mengungkapkan, teknologi AI telah digunakan untuk mengekstrak suara John Lennon dari sebuah demo lama dengan tujuan membuat “rekaman terakhir The Beatles”.

Bacaan Lainnya

Teknologi tersebut digunakan untuk memisahkan suara The Beatles dari latar belakang dalam proses pembuatan film dokumenter yang disutradarai oleh Peter Jackson, berjudul “The Beatles: Get Back”. Lagu “baru” hasil dari teknologi ini akan dirilis akhir tahun ini.

Menurut McCartney, Jackson “mampu mengeluarkan suara John dari sebuah kaset dan piano” menggunakan kecerdasan buatan.

“Dia dapat memisahkannya dengan AI, dia akan mengatakan kepada mesin ‘Itu suara, ini gitar, hilangkan gitarnya’,” ujarnya.

“Jadi ketika kami datang untuk membuat apa yang akan menjadi rekaman terakhir The Beatles, itu adalah demo yang dimiliki John yang kami kerjakan,” tambahnya.

McCartney juga menjelaskan, “Kami dapat mengambil suara John dan membuatnya murni melalui AI ini sehingga kami dapat memadukan rekaman seperti yang Anda lakukan. Hal ini memberikan Anda semacam keleluasaan.”

Meskipun McCartney tidak menyebutkan nama demo yang digunakan, BBC dan beberapa sumber lainnya menyatakan bahwa kemungkinan besar lagu yang dimaksud adalah “Now and Then”. Sebuah lagu cinta yang belum selesai, ditulis oleh Lennon pada tahun 1978.

Demo tersebut dikirim kepada McCartney oleh janda Lennon, Yoko Ono, dalam sebuah kaset yang berlabel “For Paul”.

McCartney menggambarkan teknologi kecerdasan buatan ini sebagai “sesuatu yang menakutkan tapi menarik” dan menyatakan, “Kita lihat saja ke mana arahnya nanti.”

Selain itu, teknologi yang sama juga memungkinkan McCartney untuk “berduet” secara virtual dengan Lennon dalam lagu “I’ve Got a Feeling” pada tahun lalu di Festival Glastonbury.

Originally posted 2023-06-14 06:05:03.

Gambar Gravatar

Penulis partikelir. Menulis apa saja yang terkait politik dan budaya pop.

Pos terkait