UNM Gelar Workshop, Prof Bakhrani Rauf: Kita Bentuk Masyarakat Mandiri Secara Ekonomi

Gambar Gravatar
UNM Gelar Workshop, Prof Bakhrani Rauf: Kita Bentuk Masyarakat Mandiri Secara Ekonomi
UNM Gelar Workshop, Prof Bakhrani Rauf: Kita Bentuk Masyarakat Mandiri Secara Ekonomi

MAKASSAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) di Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Profesor Bakhrani Rauf menjelaskan mengenai skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat (PBM).

Pada acara tersebut, Bakhrani menjelaskan bahwa terdapat setidaknya tiga mitra yang perlu diketahui dalam PBM. Pertama, mitra adalah masyarakat yang produktif secara ekonomi.

Menurut Bakhrani, sasaran mitra ini meliputi kelompok pengrajin, nelayan, petani, dan peternak, di mana setiap anggotanya memiliki karakter produktif secara ekonomi.

Bacaan Lainnya

Selain itu, katanya, mitra lainnya adalah industri rumah tangga (IRT) yang dimiliki secara individu, dengan persyaratan memiliki minimal 4 karyawan yang bukan anggota keluarga.

“Kedua, terkait dengan PBM, fokusnya adalah pada bidang ekonomi produktif,” ujar Bakhrani di hadapan 321 peserta dari UNM pada hari Kamis (8/6/2023).

Dalam hal mengarah ke bidang ekonomi produktif, Bukhari menjelaskan bahwa kelompok mitra minimal harus terdiri dari 5 orang, seperti kelompok dasawisma, pokdarwis, kelompok PKK, kelompok pengajian, kelompok ibu-ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.

Mitra selanjutnya, tambah Bakhrani, adalah masyarakat yang tidak produktif secara ekonomi.

“Termasuk di antaranya adalah sekolah (PAUD, SD, SMP, SMA/SMK), karang taruna, kelompok ibu-ibu rumah tangga, kelompok anak jalanan, RT/RW, dusun, desa, Puskesmas/Posyandu, pesantren, dan sebagainya,” ucapnya.

Bakhrani menjelaskan bahwa ia mengadakan kegiatan ini untuk memberdayakan mitra dari kelompok masyarakat umum, kelompok masyarakat yang bergerak di bidang ekonomi, dan kelompok masyarakat yang belajar berwirausaha.

“Kita bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan sosial,” tukasnya.

Lebih lanjut, tujuan lainnya adalah untuk membantu menciptakan kedamaian dan kenyamanan dalam kehidupan berkelompok.

“Dan meningkatkan keterampilan berpikir, membaca, menulis, serta keterampilan lainnya yang diperlukan (keterampilan lunak dan keterampilan keras),” tambahnya. Burhanuddin, Humas Institusi UNM, melaporkan hal ini.

Pos terkait