Sekda Gowa Motivasi 27 Peserta di Pemilihan Duta Anak 2023

Gambar Gravatar
Sekda Gowa Motivasi 27 Peserta di Pemilihan Duta Anak 2023
Sekda Gowa Motivasi 27 Peserta di Pemilihan Duta Anak 2023

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, secara langsung membuka Kongres Anak dengan tema “Peningkatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Gowa melalui Pemilihan Duta Anak Kabupaten Gowa tahun 2023.” Acara ini berlangsung di Aula Wisata Kampar, Desa Panciro Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, pada hari Sabtu (10/6).

Kamsina memberikan motivasi kepada semua peserta Duta Anak Kabupaten Gowa. Menurutnya, Forum Anak merupakan wadah yang penting untuk mengembangkan pemenuhan hak anak dan partisipasi anak-anak, yang dibentuk mulai dari tingkat nasional hingga tingkat kabupaten.

“Forum Anak sebagai wadah partisipasi anak juga memiliki peran yang besar dalam mengawal proses perumusan pembangunan melalui Musrenbang. Meskipun keterlibatan anak masih terbatas, kehadiran kalian sebagai calon Duta Anak adalah orang-orang yang terpilih dan diharapkan dapat membesarkan Kabupaten Gowa,” kata Kamsina.

Bacaan Lainnya

Duta Anak memiliki peran sebagai ikon anak-anak untuk mewakili setiap daerah dan menyuarakan hak-hak anak. Mereka juga berfungsi sebagai agen 2P, yaitu Pelopor dan Pelapor, serta bertanggung jawab untuk memberikan inovasi, hak, dan kewajiban sebagai tutor terbaik dalam upaya mencapai kesejahteraan anak di wilayah Kabupaten Gowa.

“Pemilihan Duta Anak ini merupakan salah satu indikator dari Kabupaten Layak Anak dan bertujuan agar anak-anak dapat mengembangkan bakat dan kreativitas mereka, sehingga dapat mencetak Duta Anak sebagai inovasi dari Forum Anak dan mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA),” ujar Sekda Gowa ini.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan pemilihan Duta Anak ini.

“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan pemilihan Duta Anak ini. Selain sebagai salah satu indikator penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak, kegiatan ini juga merupakan wadah bagi masyarakat untuk menunjukkan prestasi, kreativitas, dan inovasi mereka,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham, menyatakan bahwa Forum Anak memiliki peran penting dalam pembangunan generasi emas melalui partisipasi dalam kegiatan positif untuk memperjuangkan hak-hak anak dan berperan sebagai agen 2P, yaitu Pelopor dan Pelapor.

“Melalui Pemilihan Duta Anak 2023, diharapkan Forum Anak dapat maksimal dalam menjalankan peran sebagai agen 2P,” kata Kawaidah.

Pemilihan Duta Anak Kabupaten Gowa tahun 2023 diikuti oleh 27 peserta, terdiri dari 4 peserta laki-laki dan 23 peserta perempuan.

“27 peserta ini telah melewati sejumlah tahapan hingga mencapai tahap puncak, yaitu pemilihan Duta Anak 2023,” ujarnya.

Kawaidah juga menyampaikan tujuan dilaksanakannya Pemilihan Duta Anak ini.

“Salah satu tujuan pemilihan Duta Anak Kabupaten Gowa adalah menjadi jembatan aspirasi antara anak-anak dan pemerintah,” tuturnya.

Dari 27 peserta Duta Anak Kabupaten Gowa 2023, akan terpilih 16 peserta terbaik yang akan mengikuti penilaian untuk mendapatkan empat orang terbaik.

Originally posted 2023-06-10 21:54:26.

Pos terkait