Sekda dan Ketua TP PKK Makassar Terima Kunjungan Tim Penilai Lomba Desa Kemendagri di Maccini Sombala

Gambar Gravatar
Sekda dan Ketua TP PKK Makassar Terima Kunjungan Tim Penilai Lomba Desa Kemendagri di Maccini Sombala
Sekda dan Ketua TP PKK Makassar Terima Kunjungan Tim Penilai Lomba Desa Kemendagri di Maccini Sombala

MAKASSAR, – Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate yang sebelumnya ditunjuk sebagai perwakilan terbaik dari Provinsi Sulawesi Selatan di tingkat nasional menerima kunjungan dari Tim Verifikasi Lapangan Tingkat Nasional.

Tim Penilai dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dipimpin oleh Analis Kebijakan Ahli Madya Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Tri Rustiana Harahap, melakukan verifikasi lapangan di Kota Makassar.

Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, bersama Sekretaris Daerah Kota Makassar M. Ansar, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM), Camat Tamalate, dan Lurah Maccini Sombala menyambut rombongan tim penilai di Kelurahan Maccini Sombala pada Jumat (21/07/2023).

Bacaan Lainnya

Indira Yusuf Ismail menyampaikan selamat datang kepada rombongan tim penilai Kemendagri yang telah datang ke Kota Makassar. Dia menyatakan bahwa Pemerintah Kota Makassar, khususnya Kelurahan Maccini Sombala, terus berupaya memperbaiki diri untuk menjadi contoh bagi kota dan kabupaten lain.

“Hari ini kita akan mendapatkan arahan dan penilaian dari Tim Kemendagri. Kelurahan Maccini Sombala dan Kecamatan Tamalate ini sudah kami persiapkan untuk dinilai,” ujar Indira dalam sambutannya.

Indira juga menyampaikan komitmen kuat Pemkot Makassar, termasuk TP PKK Kota Makassar, untuk terus berkolaborasi dalam mewujudkan kelurahan dan desa dengan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Semoga kita mendapatkan masukan tentang bagaimana kelurahan ini bisa lebih tertata dengan baik agar kita terus memperbaikinya,” tambahnya.

Tri Rustiana Harahap menjelaskan bahwa verifikasi lapangan di kelurahan dilakukan dengan membandingkan kesesuaian data dengan waktu penilaian administrasi. Beberapa bidang yang dinilai meliputi pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, dan inovasi.

“Tugas kita adalah memastikan kesesuaian antara data administrasi dan kondisi lapangan. Alhamdulillah, Maccini Somba berhasil melewati tahap penilaian administrasi,” ungkapnya.

Kota Makassar, yang berada di Regional III Wilayah Kalimantan-Sulawesi, akan dinilai bersama lima kelurahan lain yang juga telah dinilai layak secara administrasi untuk mewakili Provinsi masing-masing.

Total lima kelurahan yang sedang menjalani verifikasi lapangan akan diseleksi menjadi tiga besar kelurahan yang akan melakukan presentasi langsung di Jakarta.

“Selanjutnya, dari lima provinsi yang dinilai, tiga di antaranya akan maju ke tahap penentuan calon juara di Jakarta,” jelas Tri.

Tri memberikan apresiasi kepada Pemkot Makassar atas berbagai upaya dan kerja keras yang telah dilakukan untuk mencapai tingkat nasional.

Dia mengungkapkan bahwa Kelurahan Maccini Sombala menjadi Kelurahan terbaik di tingkat Provinsi dari total 153 Kelurahan di Sulsel. Selain itu, kelurahan tersebut juga termasuk dalam lima kelurahan terbaik di tingkat nasional Regional III Kalimantan-Sulawesi dari total 2.438 Kelurahan.

“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari Pemkot Makassar, kecamatan, kelurahan, dan pihak terkait lainnya,” tuturnya.

Pada acara yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan, Muh Saleh, turut hadir untuk secara resmi menyerahkan piagam penghargaan kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sulsel kepada Lurah Maccini Sombala.

Pos terkait