Segera Hindari Hubungan Beracun! Kenali 5 Tipe Pasangan Toxic yang Dapat Merusak Kesehatan Mentalmu

Gambar Gravatar
Hubungan
5 Tipe Pasangan Beracun yang Membuatmu Menjalani Toxic Relationship

Apakah Anda sedang dalam hubungan beracun atau toxic relationship? Waspada! Hubungan beracun itu terjadi karena bisa saja Anda memiliki pasangan toxic (beracun).

Pasangan toxic sangat suka mengontrolmu secara berlebihan, selalu curiga dan mengekangmu. Hingga hari-harimu dengannya selalu dalam keadaan hubungan beracun, yang secara perlahan merusak kesehatan mentalmu.

Para ahli psikologi sepakat jika hubungan beracun yang mengandung kontrol berlebihan memiliki dampak yang merugikan bagi kesejahteraan dan keseimbangan emosional seseorang.

Bacaan Lainnya

Namun, hal yang perlu Anda ketahui, tak selamanya hubungan beracun terjadi karena kedua pasangan memainkan peran yang berbahaya. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Cathy Press, ahli psikoterapi asal Inggris.

Selama 25 tahun sebagai terapis yang berfokus pada penyalahgunaan hubungan, dia telah menemukan bahwa dalam banyak kasus, hubungan beracun terjadi karena satu orang berusaha mengendalikan orang lain.

Olehnya itu, penting untuk mengenali tanda-tanda dan pola perilaku yang mungkin terjadi dalam hubungan beracun. Berikut 5 tipe pasangan toxic yang membuatmu menjalani hubungan beracun.

The Charmer

Hubungan beracun bisa datang dari pasangan dengan tipe Charmer (Sang Pemikat). Dia cenderung menggunakan pesona dan manipulasi emosional untuk mengendalikan Anda.

Mereka mungkin membuat Anda merasa berhutang budi dan bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan mereka, sehingga membuat Anda terjebak dan merasa bersalah.

The Bully

Hubungan beracun bisa datang dari pasangan dengan tipe Bully (Pengganggu). Dia cenderung menggunakan intimidasi dan perilaku agresif pasif untuk mengendalikan Anda.

Pasangan dengan tipe Bully senang merajuk, memberikan perlakuan diam, atau mengabaikan komunikasi sebagai cara untuk mempengaruhi Anda.

Anda mungkin merasa selalu harus mempertanyakan kesalahan Anda dan khawatir tentang respons mereka selanjutnya.

The Mindmixer

Tipe Mindmixer (Pencampur Pikiran) cenderung memainkan permainan pikiran yang membingungkan dan mengikis rasa percaya diri Anda.

Mereka bisa menyoroti kelemahan Anda, membuat lelucon yang merendahkan, dan kemudian menyangkal atau meminimalkan perilaku mereka sendiri.

Dengan mengurangi kepercayaan diri Anda, mereka menciptakan ketergantungan pada mereka dan membuat Anda sulit untuk mempercayai penilaian Anda sendiri.

The Taker

Pasangan dengan Taker (Si Pengambil Alih) cenderung memaksa dan memanipulasi Anda untuk memenuhi keinginan mereka sendiri.

Mereka mungkin mengabaikan kebutuhan dan keinginan Anda, memaksa Anda melakukan hal-hal yang tidak nyaman, dan membuat Anda merasa direndahkan dan terputus dari diri sendiri dan orang lain.

The Keeper

Terakhir, tipe Keeper (Pemelihara) berusaha membuat Anda bergantung pada mereka dengan mengurangi keterlibatan Anda dengan orang lain.

Mereka mungkin mengorbankan waktu bersama teman dan keluarga, memaksa Anda untuk selalu bersama mereka, memantau kegiatan dan hubungan Anda, atau meminta akses ke privasi pribadi Anda.

Jika Anda mengenali tanda-tanda tersebut dalam hubungan Anda, penting untuk mempertimbangkan kembali hubungan tersebut. Karena sudah sangat toxic!

Anda harus mencari dukungan dari sumber yang tepat, seperti terapis atau kelompok dukungan, untuk membantu Anda menghadapi situasi tersebut.

Originally posted 2023-06-12 13:32:29.

Gambar Gravatar

Penulis partikelir. Menulis apa saja yang terkait politik dan budaya pop.

Pos terkait