Rakernas APEKSI XVI Tahun 2023 di Makassar Resmi Dibuka

Gambar Gravatar
Rakernas APEKSI XVI Tahun 2023 di Makassar Resmi Dibuka
Rakernas APEKSI XVI Tahun 2023 di Makassar Resmi Dibuka

MAKASSAR,- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI Tahun 2023 resmi dimulai di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Acara pembukaan berlangsung di Upperhills Convention Center, Rabu (12/7/2023).

Rakernas dengan tema “Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat” dihadiri oleh 88 wali kota dan pejabat pemerintahan dari seluruh Indonesia.

Pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Sekretaris Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam, Ketua Umum APEKSI Bima Arya, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hajar Diantoro, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Wali Kota Makassar sebagai tuan rumah, Moh. Ramdhan Pomanto.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menekankan pentingnya peran kota-kota di Indonesia dalam memajukan bangsa. Terutama, di antara 96 wali kota anggota APEKSI, 85 wali kota akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun ini dan tahun 2024 mendatang.

“Oleh karena itu, APEKSI hari ini menjadi momen yang sangat bersejarah. Terlebih lagi, kita sedang menghadapi pergantian kepemimpinan nasional. Tentu saja, terdapat banyak aspirasi dan inspirasi dari berbagai kota yang dibutuhkan untuk membangun negeri dengan semangat sinergi,” ujar Danny Pomanto, panggilan akrabnya.

Dia juga menyampaikan bahwa Rakernas APEKSI ini menjadi platform penting bagi para pemimpin kota untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan mencari solusi inovatif dalam menghadapi tantangan perkotaan yang semakin kompleks.

Oleh karena itu, momentum Rakernas APEKSI ini juga akan melibatkan calon pemimpin Indonesia untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ke depan, dalam mencapai tujuan bersama.

“APEKSI di bawah kepemimpinan Bima Arya berhasil mengundang calon pemimpin bangsa untuk berdiskusi dalam forum terhormat ini, guna menerima gagasan dari seluruh kota. Menurut saya, hal ini merupakan suatu kejadian bersejarah karena sebelum para wali kota selesai menjabat, kita masih dapat berbuat untuk bangsa dan negara,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua APEKSI Bima Arya menyampaikan bahwa Rakernas APEKSI ini bukan hanya seremonial semata, tetapi juga membahas hal-hal yang substansial. Setidaknya, ada 3 pesan utama yang akan diangkat dalam Rakernas kali ini.

“Pertama, APEKSI tetap konsisten dalam mengawal otonomi. Kedua, kita optimis menuju Indonesia Emas 2045. Dan ketiga, semangat politik pembangunan yang terkoordinasi dengan baik antara pusat dan daerah,” ucap Bima Arya.

Diharapkan bahwa hasil dari pertemuan ini akan mendorong terwujudnya pembangunan kota yang lebih baik, yang memberikan manfaat langsung bagi penduduk setempat.

Selain itu, juga akan memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang maju dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

Pos terkait