Pesta Rakyat, Kelurahan Paropo Deklarasi Bebas ODF

Gambar Gravatar
Pesta Rakyat, Kelurahan Paropo Deklarasi Bebas ODF
Pesta Rakyat, Kelurahan Paropo Deklarasi Bebas ODF

MAKASSAR, Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang mengadakan pesta rakyat untuk memperingati HUT RI yang ke-78. Acara ini berlangsung di Jalan Babussalam II RW 5 pada hari Rabu (30/08/2023).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana pesta rakyat diisi dengan berbagai pertunjukan budaya, tahun ini Kelurahan Paropo merayakan kesuksesan mereka dalam mencapai status Kelurahan Bebas Buang Air Besar Sembarangan (Open Defecation Free/ODF). Keberhasilan ini merupakan hasil dari usaha yang telah mereka lakukan dan telah diverifikasi oleh Puskesmas Paropo setelah melalui proses panjang.

Lurah Paropo, Achiruddin Achmad, S.STP, MM, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya menjadikan Kelurahan Paropo sebagai daerah yang bebas ODF.

Bacaan Lainnya

“Dengan komitmen dari seluruh RW di Kelurahan Paropo dan deklarasi ini, kami berharap Kelurahan Paropo akan menjadi lebih bersih dan sehat, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Lurah Paropo.

Meskipun data kesehatan menunjukkan bahwa masih ada 17 kepala keluarga di Kelurahan Paropo yang belum memiliki fasilitas jamban yang memadai dikarenakan berbagai masalah, termasuk masalah ekonomi dan kepemilikan hak tanah, kerjasama dari berbagai pihak, termasuk SCR Dompet Dhuafa, telah membantu Kelurahan Paropo mencapai status bebas ODF.

Selain itu, dalam pesta rakyat ini, anak-anak yang telah berpartisipasi dan meraih prestasi dalam berbagai lomba turut diberikan penghargaan sebagai bagian dari perayaan HUT RI ke-78.

“Meskipun kita sudah memasuki penghujung bulan Agustus, semangat kemerdekaan masih terus terasa, terutama melihat semangat dan antusiasme dari warga, baik orang tua maupun anak-anak,” tambahnya.

Warga dan tamu undangan yang hadir turut diberi hiburan berupa pertunjukan budaya dari setiap RW. Acara pesta rakyat ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, Kapolsek Panakkukang, Danramil 1408 PNK-MGL, Camat Panakkukang, Andi Pangerang Nur Akbar, KNPI Kecamatan Panakkukang, Ketua TP. PKK Kecamatan Panakkukang, Ketua TP. PKK Kelurahan Paropo, Lurah Tamamaung, Perwakilan dari beberapa SKPD di Kota Makassar, serta Pj. RT/RW setempat. Acara ini dimeriahkan dengan pemberian Passappu dari Rais sanggar Turikalle, tarian khas Toraja tari Pegellu, dan tarian Pepe ka Ri Makka, yang merupakan bagian dari warisan budaya Kelurahan Paropo.

Pos terkait