Peresmian Galeri Pameran Lukisan F8, Zona Bebas Berekspresi

Gambar Gravatar
Peresmian Galeri Pameran Lukisan F8, Zona Bebas Berekspresi
Peresmian Galeri Pameran Lukisan F8, Zona Bebas Berekspresi

Pada tanggal 24 Agustus 2023, Siswadi Abustam, Kepala Galeri Seni Rupa Makassar, secara resmi membuka pameran lukisan F8 di zona 4 Anjungan Pantai Losari. Acara ini merupakan bagian dari Makassar Internasional, Eight Festival and Forum (F8), yang memberikan kesempatan kepada para seniman untuk mengekspresikan diri dengan bebas melalui berbagai bentuk seni seperti lukisan, tari, dan lainnya.

Siswadi Abustam, yang akrab disapa “asis”, mengungkapkan apresiasinya terhadap ruang ekspresi yang diberikan kepada para seniman untuk memamerkan karya-karya terbaik mereka. Ia menyatakan bahwa F8 telah menjadi sebuah acara prestisius bagi para seniman dengan tingkat internasional. Acara ini menjadi tempat bagi seniman-seniman dari berbagai usia dan tingkat keahlian, mulai dari pemula hingga senior, untuk bertemu, berbagi pengetahuan, dan saling menginspirasi.

Asis juga menyampaikan tekad bersama para seniman di Makassar untuk melahirkan seribu pelukis handal di masa mendatang. Galeri ini menampilkan beragam karya lukisan dari 14 seniman yang merupakan bagian dari komunitas seni rupa Makassar, termasuk seniman-seniman autodidak dan mahasiswa. Penghargaan rekor MURI juga dipamerkan di galeri ini, yang diraih oleh Prof. Dr. H. Aziz Ahmad, M.Pd, sebagai pengakuan atas jumlah pameran tunggal kaligrafi terbanyak yang diselenggarakan oleh seorang guru besar.

Bacaan Lainnya

Salah satu seniman yang bernama Rasdiana Tihala Sanjata berbagi pandangannya. Ia dan rekan-rekan seniman lainnya merasa antusias mengikuti F8 setiap tahunnya karena konsep acaranya yang selalu berbeda. Tahun ini, mereka mengadopsi konsep “live painting” yang memberi kesempatan kepada para seniman untuk berkumpul, berbagi pengetahuan mengenai teknik lukisan, serta memberikan motivasi dan semangat untuk terus berkarya.

Pos terkait