Menjadi ikon baru! Patung Bung Karno di Bandung dibangun dengan biaya Rp 14,5 Miliar

Gambar Gravatar
Menjadi ikon baru! Patung Bung Karno di Bandung dibangun dengan biaya Rp 14,5 Miliar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Dok. PDIP)
“Patung Bung Karno setinggi 22,3 meter ini, inshaAllah tidak menggunakan dana APBN dan APBD, tetapi didanai oleh para donatur yang sangat mencintai Bung Karno dan perjuangannya.” Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia, Pamriadi.

FARMANDEH.NET, BANDUNG – Monumen Plaza Bung Karno yang sedang dibangun di Saparua Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) akan menjadi patung pahlawan proklamator yang tertinggi di Indonesia.

Kepastian ini diumumkan oleh Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia, Pamriadi, saat upacara peletakan batu pertama yang diadakan pada Rabu (28/6/2023).

Baca Juga: Wakil Ketua MPR RI Resmikan Kantor dan Patung Bung Karno di Makassar

Bacaan Lainnya

“InshaAllah tahun ini, Monumen Plaza Bung Karno di Bandung akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia, bahkan mungkin tertinggi di dunia. Ini akan menjadi ikon baru di Jawa Barat,” katanya seperti yang dilaporkan oleh Antara.

Dia mengungkapkan bahwa tinggi Patung Bung Karno ini mencapai 22,3 meter dengan biaya gotong royong dan juga tanpa menggunakan dana negara atau daerah.

“Patung Bung Karno setinggi 22,3 meter ini, inshaAllah tidak menggunakan dana APBN dan APBD, tetapi didanai oleh para donatur yang sangat mencintai Bung Karno dan perjuangannya,” ujarnya.

Pembangunan Patung Bung Karno diperkirakan akan mencapai Rp 14,5 miliar.

“Pembangunan Monumen Plaza ini akan dimulai pada awal bulan Juli dengan tahap awal adalah penataan taman Plaza Bung Karno,” tambahnya.

Pematung yang sering membuat Patung Bung Karno, yaitu Dunadi asal Yogyakarta, yang akan membuat patung ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, yang juga merupakan penasihat pembangunan Monumen Bung Karno, menyatakan bahwa Kota Bandung memiliki sejarah khusus tentang Sang Proklamator RI.

“Dari Bandung, pemikiran Bung Karno ini menyebar dari pandangan masyarakat menjadi pandangan nasional dan pandangan global, dan inilah perspektif yang seharusnya diwujudkan oleh para pemuda Indonesia, terutama di Bandung,” katanya.

Dalam upacara peletakan batu pertama tersebut, hadir juga Gubernur Jawa Barat Ridwan, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Ketut Sustiawan, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, dan Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan Chova. (Antara)

Gambar Gravatar

Jurnalis, Editor, Reporter, Penulis Konten Web, Web Developer.

Pos terkait