Event F8, Fotografer Andi Fauzan, Menggugah Kepedulian Masyarakat Melalui Foto

Gambar Gravatar
Event F8, Fotografer Andi Fauzan, Menggugah Kepedulian Masyarakat Melalui Foto
Event F8, Fotografer Andi Fauzan, Menggugah Kepedulian Masyarakat Melalui Foto

MAKASSAR, Terkadang gambar mampu mengisahkan dengan lebih jujur daripada rangkaian kata-kata yang indah. Mengabadikan berbagai momen melalui foto menjadi hobi dan profesi bagi beberapa individu.

Hal yang sama berlaku untuk Andi Fauzan, seorang mahasiswa di Universitas Hasanuddin, yang telah merambah ke dunia fotografi sejak tahun 2019, dan ia memilih foto sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan kegelisahannya.

Beberapa hasil karyanya dipamerkan dalam acara Makassar Internasional Eight Festival dan Forum, dengan tema #buangsembarangan, diharapkan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat untuk tidak sembarangan dalam membuang sampah.

Bacaan Lainnya

Event F8, menurut Andi Fauzan, merupakan wadah terbaik bagi ekspresi untuk mengungkapkan kekhawatiran tentang masa depan apabila masyarakat tidak menyadari dampak dari pembuangan sampah sembarangan.

“Ada banyak orang yang menganggap enteng masalah sampah, dan dengan tanpa merasa bersalah membuang sampah sembarangan. Padahal hal ini membawa risiko terhadap lingkungan, dan bisa menjadi mimpi buruk di masa depan ketika generasi penerus kita dikelilingi oleh tumpukan sampah,” ujarnya pada Sabtu (26/08/2023).

Tak hanya sebatas foto, pameran ini dipadukan dengan teknik lukis kriya pada sebuah drum, sehingga melalui rangkaian foto terbentuklah sebuah narasi.

“Meskipun foto-foto diambil pada waktu dan lokasi yang berbeda, namun semua memiliki alur cerita mengenai bagaimana kebiasaan membuang sampah sembarangan dapat menjadi ancaman serius bagi lingkungan,” tambahnya.

Karena itulah, dalam acara F8 kali ini, Andi Fauzan ingin mengajak seluruh pengunjung untuk lebih peduli. Karena tanpa partisipasi aktif dari masyarakat, sehebat apa pun program penanganan sampah yang dicanangkan pemerintah, tidak akan mampu tercapai dengan baik.

Pos terkait