Makassar Sports Eight S8 Siap Digelar Oktober Mendatang di Anjungan Pantai Losari

Gambar Gravatar
Makassar Sports Eight S8 Siap Digelar Oktober Mendatang di Anjungan Pantai Losari
Makassar Sports Eight S8 Siap Digelar Oktober Mendatang di Anjungan Pantai Losari

MAKASSAR,- Setelah F8, perhelatan akbar dalam dunia olahraga dan teknologi kembali digelar. Ialah Makassar Sports Eight atau S8 yang rencananya siap diadakan pada pertengahan Oktober di Anjungan Pantai Losari dan beberapa tempat olahraga lainnya di Makassar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Makassar, Andi Pattiware, menjelaskan bahwa dalam S8 terdapat berbagai macam aktivitas yang terkait dengan olahraga seperti pameran teknologi olahraga, kompetisi olahraga, pertunjukan olahraga, dan lainnya.

Event ini akan berlangsung selama empat hari dengan kegiatan yang berbeda setiap harinya.

Bacaan Lainnya

S8 sendiri berasal dari Sports Competition yang akan mempertandingkan cabang olahraga seperti 3 on 3 Basketball di Lapangan Basket Universitas Ciputra, Futsal di Lapangan Futsal GORO, Speed Climbing di Anjungan Pantai Losari, Anggar di TBC, Badminton di Lapangan Badminton Soulmate, Kick Boxing di Lapangan Karebosi, dan Perahu Naga di Pantai Losari.

“S8 adalah kegiatan yang melibatkan beberapa cabang olahraga untuk dikompetisikan dengan tujuan untuk mengasah, menunjukkan keterampilan, dan memupuk jiwa sosial melalui kerja sama tim,” kata Pattiware, Rabu, (6/09/2023).

Selain itu, ia menambahkan bahwa S8 mengusung konsep sportainment & sportourism untuk memperkuat acara olahraga ini. Pasalnya, acara olahraga seharusnya menjadi tontonan menarik dan menghibur bagi masyarakat.

Serta menjadi primadona baru sebagai perhelatan unggulan di Kota Makassar yang diharapkan akan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar.

“Tentunya kami juga menyelenggarakan perhelatan olahraga yang inklusif dengan melibatkan cabang-cabang olahraga di bawah National Paralympic Committee (NPC),” tambahnya.

Kemudian ada Sports Technology (S2) yang merupakan pameran teknologi olahraga dan permainan digital dengan tema olahraga serta E-sport. Ini termasuk kompetisi Drone Race dan Pameran Teknologi.

Sports and Arts (S3) adalah museum instalasi seni bertema olahraga dan juga pameran hasil foto-foto para fotografer olahraga di Kota Makassar.

Kegiatan ini juga melibatkan lomba foto olahraga, pameran foto olahraga, acara talk show fotografer olahraga, pertunjukan mural, pameran instalasi seni, dan booth selfie.

Sementara itu, Traditional Sports (S4) akan memperkenalkan beragam olahraga tradisional khas Makassar. Beberapa di antaranya termasuk Golorong (Sepak Bola Lorong), Balap Ketinting, dan Kompetisi Main Asing, dll.

Sportstainment (S5) adalah gabungan antara olahraga dan hiburan. Ini melibatkan pertunjukan musik, tarian, kembang api, dan seni pertunjukan lainnya.

Ada juga Sports Talks (S6) yang akan membahas berbagai aspek dunia olahragawan dan akan disampaikan langsung oleh para pembicara yang sudah ahli di bidang olahraga.

Sedangkan, Sports Market (S7) adalah kegiatan pameran olahraga sebagai platform bisnis yang tepat bagi industri olahraga di Kota Makassar. Ini melibatkan komunitas olahraga, pakaian olahraga, peralatan olahraga, layanan kesehatan dan kebugaran, serta layanan gizi.

Yang terakhir, Sports for Youngsters (S8) adalah kompetisi dan area bermain bertema olahraga khusus untuk anak-anak.

Di antara segmennya, terdapat balapan sepeda tanpa roda bantu, sepatu roda, Gimnastik, dan tarian untuk ANAK-ANAK.

S8 secara keseluruhan akan dimulai dengan upacara pembukaan, diikuti oleh pertunjukan marching band, parade atlet, pertunjukan seni silat, dan hiburan.

Pos terkait