Mahalini Tidak Suka Love Bombing: Kenali Apa Itu Love Bombing dan 7 Tanda-tandanya

Gambar Gravatar
Mahalini love bombing
Foto Mahalini Raharja. Sumber: Instagram @mahaliniraharja

FARMANDEH.NET, MAKASSAR— Penyanyi solo, Mahalini Raharja ternyata tidak suka dengan orang yang memiliki sifat ‘love bombing’. Hal tersebut diceritakan Mahalini di kanal Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo yang tayang pada 21 Juni 2023 lalu.

Di hadapan Denny Sumargo, Mahalini bercerita jika dirinya sangat suka dengan seseorang yang tidak melupakan kebiasaan. Misalny kebiasaan mengucapkan ‘I love you’ atau ‘udah makan?’ kepada pasangannya.

Hal tersebut perlu dilakukan agar menghindarkan pasangan dari sifat love bombing. Di sini Mahalini mengartikan love bombing sebagai ‘manis di awal, pahit di belakang’. Sebenarnya apa sih arti sebenarnya dari love bombing dan apa tanda-tandanya?

Bacaan Lainnya

Farmandeh memberikan penjelasan mengenai istilah tersebut yang dirangkum dari berbagai sumber. Berikut adalah penjelasan ringkasnya.

Baca juga: Kisah Cinta Mahalini yang Kelam: 4 Kali Diselingkuhi Hingga Alami Kekerasan dari Mantan Pacar

Pengertian love bombing

Love bombing adalah taktik manipulatif yang digunakan oleh seseorang untuk menarik perhatian dan memperoleh kepercayaan orang lain. Love bombing seringkali terjadi dalam konteks hubungan percintaan atau hubungan interpersonal,

Love bombing melibatkan pemberian perhatian yang berlebihan, pujian berlebihan, dan ungkapan kasih sayang yang intens secara tiba-tiba dan tidak proporsional. Tujuannya untuk membuat target merasa begitu diperhatikan, diinginkan, dan spesial.

Dengan demikian, target menjadi rentan dan cenderung terjebak dalam hubungan yang tidak sehat atau merugikan. Orang yang melakukan love bombing akan mencoba mengendalikan atau memanipulasi targetnya.

Caranya dengan memberikan perhatian terus-menerus, mengirim pesan berulang kali, memberikan hadiah yang mahal, mengungkapkan cinta yang mendalam, atau melakukan tindakan lain yang dirancang untuk membuat target terikat secara emosional.

Namun, setelah berhasil membuat target terjebak dalam hubungan, orang yang melakukan love bombing seringkali akan berubah sikap. Mereka bisa menjadi lebih dominan, mengabaikan kebutuhan target, atau bahkan menjadi secara emosional atau fisik menyakiti mereka.

Baca juga: Kenali 8 Faktor yang Berdampak pada Kesehatan Mental, Termasuk Masalah Keuangan!

7 tanda suatu hubungan menunjukkan love bombing

Penting untuk menyadari tanda-tanda love bombing dan tetap berhati-hati jika Anda merasa ada seseorang yang menggunakan taktik ini terhadap Anda. Lalu apa saja tanda-tanda suatu hubungan menunjukkan love bombing?

Pujian berlebihan: Pasangan Anda memberikan pujian yang berlebihan tentang penampilan fisik, kepribadian, atau kemampuan Anda. Mereka terus-menerus memberi tahu Anda betapa hebatnya Anda dan seolah-olah menganggap Anda sebagai orang yang sempurna.

Perhatian yang berlebihan: Pasangan Anda memberikan perhatian yang berlebihan pada Anda, termasuk kontak yang konstan melalui pesan teks, panggilan telepon, atau media sosial. Mereka ingin tahu di mana Anda berada setiap saat dan menuntut waktu dan perhatian Anda secara eksklusif.

Perubahan emosional yang cepat: Pasangan Anda cenderung beralih antara ekstrem emosi yang berbeda dalam waktu singkat. Mereka bisa sangat manis dan penuh perhatian pada satu waktu, tetapi kemudian menjadi dingin, jauh, atau marah tanpa alasan yang jelas.

Isolasi dari orang lain: Pasangan Anda mendorong Anda untuk mengisolasi diri dari keluarga, teman-teman, atau orang-orang yang dekat dengan Anda. Mereka mungkin mencoba membatasi interaksi Anda dengan orang lain, sehingga membuat Anda lebih bergantung pada mereka secara emosional.

Merebut perhatian: Pasangan Anda sering kali mengorbankan diri untuk memberikan perhatian dan perawatan kepada Anda. Mereka bisa terlalu memanjakan Anda atau melakukan hal-hal yang tidak realistis atau tidak masuk akal untuk membuktikan betapa besar cinta mereka kepada Anda.

Perubahan yang cepat dalam hubungan: Pasangan Anda ingin mempercepat perkembangan hubungan, seperti pindah bersama, pertunangan, atau pernikahan, dalam waktu singkat. Mereka mungkin menginginkan keterikatan yang dalam dalam waktu singkat, tanpa memberi Anda waktu untuk membangun fondasi yang sehat dalam hubungan.

Kontrol dan manipulasi: Pasangan Anda mungkin cenderung mengendalikan dan memanipulasi Anda, baik secara emosional maupun fisik. Mereka mungkin memaksakan keinginan mereka, mengabaikan batas pribadi Anda, atau mengancam untuk meninggalkan Anda jika Anda tidak memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka.

Catatan penting

Penting untuk diingat bahwa tanda-tanda love bombing si atas hanya indikator potensial dari love bombing dan tidak selalu menunjukkan adanya love bombing dalam setiap kasus.

Namun, jika Anda merasa terjebak dalam hubungan yang tidak sehat atau merasa ada tanda-tanda love bombing, segera membicarakannya dengan orang-orang terpercaya atau profesional seperti konselor atau psikolog.

Gambar Gravatar

Penulis partikelir. Menulis apa saja yang terkait politik dan budaya pop.

Pos terkait