LSI Denny JA: 76.2% Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi, Bidang Sosial dan Keamanan Terfavorit

Gambar Gravatar
Joko Widodo
Foto Presiden Jokowi saat meluncurkan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. Hasil survei terbaru LSI Denny JA menunjukkan mayoritas masyarakat puas dengan kinerja Jokowi. Sumber foto: Facebook Presiden Joko Widodo.

FARMANDEH.NET, MAKASSAR— Berdasarkan riset terbaru LSI Denny JA yang dilakukan pada bulan Juni 2023, mayoritas masyarakat Indonesia (76.2%) menyatakan puas atau cukup puas dengan kinerja Jokowi. Hal tersebut terungkap dalam catatan yang dibagikan di akun Denny J.A’s World.

Survei LSI Denny JA dilaksanakan dalam rentang waktu 30 Mei hingga 12 Juni 2023. Survei ini menggunakan metode kuantitatif, dalam hal ini metode survei tatap muka dan kuesioner kepada 1200 responden di seluruh Indonesia. Riset ini memiliki margin of error sebesar 2.9%.

Selain itu, survei LSI Denny JA juga melibatkan metode kualitatif seperti analisis media, wawancara mendalam, penilaian pakar, dan diskusi kelompok terfokus untuk memperkaya informasi dan analisis.

Bacaan Lainnya

Dalam survei tersebut, masyarakat juga diminta menilai kepuasan mereka terhadap berbagai bidang. Hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat sangat puas atau cukup puas terhadap kinerja Jokowi dalam bidang sosial budaya (86.6%), keamanan (78.9%).

Masyarakat juga puas terhadap kinerja Jokowi di bidang hubungan internasional (73.1%), penegakan hukum (64.5%), penyediaan sembako (61.7%), ekonomi (60.1%), kesejahteraan guru dan PNS (58.3%), serta politik (56.4%).

Delapan bidang tersebut mendapatkan tingkat kepuasan masyarakat di atas 50% dan disebut sebagai “rapor biru” Jokowi. Namun, terdapat juga tiga bidang yang mendapatkan tingkat kepuasan masyarakat di bawah 50%.

Bidang tersebut antara lain: pembukaan lapangan pekerjaan (42.4%), pengurangan kemiskinan (46.8%), dan kesejahteraan petani, buruh, dan nelayan (49.1%). Ketiga bidang ini disebut sebagai “rapor merah” Jokowi.

Gambar Gravatar

Penulis partikelir. Menulis apa saja yang terkait politik dan budaya pop.

Pos terkait