KPU Makassar Minta Bacaleg Maksimalkan Masa Perbaikan, Gunawan: Bisa Terancam TMS

Gambar Gravatar
Gunawan Mashar
Foto Gunawan Mashar, Anggota KPU Makassar Divisi Teknis Penyelenggaraan.

FARMANDEH.NET, MAKASSAR— KPU Makassar telah selesai melakukan verifikasi administrasi terhadap 829 bacaleg untuk DPRD Kota Makassar yang diajukan oleh 17 partai politik.

Hasilnya, hanya 61 bacaleg yang berkasnya sudah Memenuhi Syarat (MS). Sementara 768 bacaleg masih berstatus Belum Memenuhi Syarat (BMS).

KPU Makassar meminta agar parpol, khususnya bacaleg untuk memaksimalkan masa tahapan perbaikan, mulai tanggal 25 Juni hingga 9 Juli 2023. Sebab, hanya pada tahapan ini bacaleg bisa melengkapi dokumennya yang masih kurang dan belum dinyatakan absah.

Bacaan Lainnya

Anggota KPU Makassar Gunawan Mashar mengatakan, apabila masa perbaikan tidak dimanfaatkan dengan baik untuk memperbaiki dokumen, maka bacaleg bersangkutan terancam Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Ini berarti, bacaleg tidak bisa diajukan untuk perencanaan Daftar Calon Sementara (DCS) dan partai tidak bisa mengajukan calon pengganti,” ujarnya Jumat (23/6/2023)

Gunawan Mashar melanjutkan, jika Bacaleg perempuan yang dinyatakan TMS di verifikasi administrasi perbaikan,  maka partai bersangkutan dalam satu dapil terancam tidak memenuhi persyaratan pemenuhan persentase perempuan.

“Bila satu dapil tidak memenuhi persentase perempuan,  maka semua bacaleg satu dapil pada partai tersebut, tidak bisa diajukan dan dinyatakan TMS,” tambah Gunawan.

Gambar Gravatar

Penulis partikelir. Menulis apa saja yang terkait politik dan budaya pop.

Pos terkait