Kabupaten Gowa Ikut Penilaian KLA Tahap Verifikasi Lapangan

Gambar Gravatar
Kabupaten Gowa Ikut Penilaian KLA Tahap Verifikasi Lapangan
Kabupaten Gowa Ikut Penilaian KLA Tahap Verifikasi Lapangan

Penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA), Pemerintah Kabupaten Gowa sedang dalam tahap verifikasi lapangan. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengikuti proses penilaian ini secara hybrid di Baruga Karaeng Gelesong, Kantor Bupati Gowa, pada Jumat (16/6).

Tim Verifikasi Nasional KLA, Nanang Abdul Chanan, dan seluruh SKPD lingkup Pemkab Gowa juga hadir dalam kesempatan tersebut.

Adnan menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Gowa telah menetapkan beberapa kebijakan terkait pencapaian Kabupaten Layak Anak. Kebijakan-kebijakan tersebut bertujuan meningkatkan peran anak dalam pembangunan daerah.

Bacaan Lainnya

Strategi yang digunakan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan adalah memberikan prioritas pada pengaruh hak-hak anak. Ini mencakup akses partisipasi manfaat dan kontrol dalam proses pembangunan, termasuk untuk kelompok disabilitas dan kelompok rentan lainnya.

Adnan menyatakan, “Kami telah melaksanakan strategi ini dengan melibatkan semua pihak dalam perencanaan pembangunan, seperti dalam Musrenbang Anak, dan kami merupakan satu-satunya kabupaten yang secara konsisten melaksanakan Musrenbang Pemuda.”

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, saat ini 65 persen penduduk Indonesia, Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Gowa terdiri dari Kaum Milenial, Generasi Z, dan Pos GenZ.

Adnan melibatkan semua pihak dalam perencanaan pembangunan, termasuk melalui musrenbang anak, untuk mendapatkan saran dan masukan agar kebijakan yang diambil tepat sasaran.

Arah kebijakan yang dilakukan adalah percepatan peningkatan kesetaraan gender, peran perempuan dalam pembangunan, peningkatan peran pemuda dalam berwirausaha, dan penguatan Lembaga Penyedia Layanan Kualitas Hidup Anak.

Tim Verifikasi Nasional KLA, Nanang Abdul Chanan, menyatakan bahwa paparan Gugus Tugas KLA Kabupaten Gowa telah cukup baik dalam proses verifikasi lapangan tersebut.

Nanang mengungkapkan, “Meskipun kerjasama antara pemerintah kabupaten dan media terkait penyebarluasan informasi Kabupaten Layak Anak sudah baik, perlu dilakukan lebih gencar lagi.”

Selanjutnya, diperlukan pusat informasi sahabat anak untuk menyampaikan semua informasi terkait Kabupaten Layak Anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham, menjelaskan bahwa kekurangan-kekurangan yang disampaikan oleh Tim Verifikasi Nasional akan segera ditindaklanjuti.

Dengan adanya Verifikasi Lapangan KLA ini, diharapkan status Kabupaten Gowa dapat meningkat dari KLA tingkat Pratama menjadi tingkat yang lebih baik.

Turut hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa dalam Verifikasi Lapangan Kabupaten Layak Anak ini.

Pos terkait