Jelang Penilaian SAKIP, Pemkab Gowa Dorong SKPD Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja

Gambar Gravatar
Jelang Penilaian SAKIP, Pemkab Gowa Dorong SKPD Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja
Jelang Penilaian SAKIP, Pemkab Gowa Dorong SKPD Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa telah mendorong setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Gowa pada tahun 2023.

Langkah ini diperkuat melalui Rapat Koordinasi Teknis Penguatan Kelembagaan Perangkat Daerah dalam Mendukung Implementasi SAKIP yang diadakan di Hotel Jolin Makassar pada Jumat (15/9).

Andy Aziz Peter, Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Gowa untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada SKPD Kabupaten Gowa terkait penilaian evaluasi SAKIP dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Bacaan Lainnya

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memberikan pemahaman kepada unit penyelenggara terkait penyusunan dokumen untuk SAKIP,” ujar Aziz Peter.

Dengan komitmen ini, diharapkan mendapatkan dukungan dari semua pimpinan SKPD yang bertanggung jawab untuk menyiapkan dokumen dan data pendukung penilaian SAKIP tahun 2023.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, yang membuka kegiatan Rakor ini, menyatakan bahwa penerapan SAKIP yang melibatkan Tim Ahli Profesor Mudrajat bersama tim pendamping dalam penilaian SAKIP Kabupaten Gowa akan memberikan bimbingan teknis terkait pengumpulan data dan dokumen dari setiap SKPD.

“Dalam kerjasama yang dilakukan, saya sangat mengharapkan Tim Ahli memberikan arahan dan bimbingan teknis terkait langkah-langkah yang konkret, sistematis, terukur, dan bisa diterapkan dengan jelas mengenai siapa yang berwenang untuk melaksanakan pengumpulan data dan dokumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Wabup Gowa.

Selanjutnya, untuk mewujudkan implementasi SAKIP yang berkualitas, sangat diharapkan bimbingan Tim Ahli dalam mengarahkan agar dokumen-dokumen yang telah disampaikan oleh semua perangkat daerah menjadi berkualitas dan dapat diterapkan.

“Saya yakin, berdasarkan pengalamannya membawa Provinsi Yogyakarta meraih peringkat SAKIP tertinggi di Indonesia, Profesor Mudrajat bersama tim akan dapat memberikan arahan dan menerapkan praktik-praktik baik yang telah berhasil diterapkan di Yogyakarta di Kabupaten Gowa,” ujar Wabup Gowa.

Kegiatan ini diikuti langsung oleh semua pimpinan SKPD, Camat, dan Kasubag Perencanaan SKPD serta Kecamatan di Lingkup Pemkab Gowa.

Pos terkait