F8 Resmi Ditutup, Danny Pomanto: Pengunjung Capai 500 Ribu Orang

Gambar Gravatar
F8 Resmi Ditutup, Danny Pomanto: Pengunjung Capai 500 Ribu Orang
F8 Resmi Ditutup, Danny Pomanto: Pengunjung Capai 500 Ribu Orang

Makassar,- Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, telah secara resmi mengakhiri Makassar F8 Festival.

Moh Ramdhan Pomanto, yang akrab dipanggil Danny Pomanto, mengungkapkan bahwa jumlah total pengunjung tahun ini mencapai 500 ribu orang.

Jumlah ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Selain itu, rencananya pada tahun depan, F8 mungkin akan diadakan lebih awal, yaitu pada bulan Juli 2024. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jadwal politik yang ada.

“Dengan menyebut bismillahirrahmanirrahim, dengan diturunkannya layar di Kapal Pinisi ini, ini menjadi tanda bahwa F8 secara resmi ditutup,” ujar Danny dalam acara Upacara Penutupan, di Anjungan Pantai Losari, pada hari Minggu, (27/08/2023).

Danny melanjutkan bahwa F8 kali ini benar-benar memamerkan kualitasnya. Performa para talenta di empat panggung F8, kualitas pengunjung, bakat para talenta dan anak-anak Makassar semakin hari semakin membaik.

Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa F8 adalah representasi kita saat ini. Representasi dari peradaban, budaya, dan kolaborasi.

Namun, meskipun demikian, pihaknya terus meminta masukan dan kritik untuk membuat pelaksanaannya semakin sempurna.

Hingga hari terakhir, mereka memperkirakan bahwa jumlah pengunjung F8 mencapai sekitar 500 ribu orang.

Penghitungan transaksi masih dalam proses. Setidaknya, mereka berharap dapat mencapai pencapaian seperti F8 2022, yaitu sekitar Rp40 miliar.

Lebih dari itu, mereka juga berkomitmen untuk membuat F8 lebih nyaman dan memberikan ruang yang lebih luas.

Pencetus ide F8 ini juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda dan Kapolrestabes yang telah mengawal keamanan selama lima hari acara.

Juga kepada TNI yang berkontribusi pada kesuksesan acara ini. Begitu juga kepada Pangkoopsau yang membuka F8 dengan pesawat tempur, membuat F8 semakin meriah.

Tak lupa juga kepada negara-negara sahabat yang ikut berpartisipasi, seperti Kedutaan Besar Jepang, Konjen Australia, Kedutaan Besar India, Amerika, Perancis, Malaysia, Korea Selatan, Inggris, Belgia, Rusia, Selandia Baru, dan Portugal.

Juga kepada para perancang busana dari Laos, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Partisipasi 16 peserta dari negara-negara internasional ini menambah jumlah peserta yang sebelumnya hanya dari 9 negara.

“Ini menunjukkan bahwa gagasan lokal yang dimulai di Makassar bisa dinikmati secara internasional,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, wali kota yang telah menjabat selama dua periode ini juga memberikan hadiah kepada tiga tenant dengan jumlah transaksi QRIS tertinggi.

Dan juga kepada dua pengunjung dengan transaksi melalui QRIS terbanyak.

Diketahui bahwa Makassar F8 2023 secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bersama dengan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdan Pomanto, pada tanggal 23 Agustus dan berakhir pada tanggal 27 Agustus.

Pos terkait