Dispora Sediakan Games Lambasena- Dende Berteknologi VR & AR dan Kompetisi PS 5 Gratis Berhadiah Rp25 Juta di F8

Gambar Gravatar
Dispora Sediakan Games Lambasena- Dende Berteknologi VR & AR dan Kompetisi PS 5 Gratis Berhadiah Rp25 Juta di F8
Dispora Sediakan Games Lambasena- Dende Berteknologi VR & AR dan Kompetisi PS 5 Gratis Berhadiah Rp25 Juta di F8

MAKASSAR, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar telah menyediakan fasilitas untuk bermain games tradisional dengan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) di acara Makassar Festival F8.

Di samping fasilitas video games, juga diadakan kompetisi eSport FIFA23 dengan total hadiah sebesar Rp 25 Juta dan pendaftaran gratis.

Andi Pattiware selaku Kadispora Makassar menjelaskan bahwa konsep booth Dispora adalah Mixed Reality, di mana booth ini menampilkan eksibisi dan uji coba dari game tradisional. Ini sejalan dengan program Makaverse dari Pemerintah Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Yang menarik, tim tersebut juga telah menciptakan permainan tradisional Lambasena atau Lompat Tali yang didasarkan pada teknologi VR.

“Pengunjung akan menggunakan perangkat VR untuk masuk ke dalam dunia permainan Lambasena,” ungkap Pattiware pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Pattiware menyarankan para pengunjung untuk mencoba permainan tersebut di booth Dispora Zona 3, yang terletak dekat dengan panggung utama.

Selain itu, tim Dispora juga telah memperkenalkan dan mensosialisasikan fitur Augmented Reality (AR) yang baru saja diluncurkan, berbasis pada permainan tradisional Dende. Bedanya, fitur AR ini menggunakan aplikasi mobile, sehingga siapa pun dapat mengaksesnya dengan bantuan tim.

“Dengan menggabungkan elemen-elemen reality, kita mempresentasikan booth kita dengan nama Dispora Makaverse Mixed Reality,” jelasnya.

Muh Dasysyara Dahyar, Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Makassar, menambahkan bahwa mereka juga telah mengadakan turnamen esport yang menampilkan permainan FIFA 23 di konsol PlayStation 5.

Dahyar menyatakan bahwa kompetisi tersebut terbuka untuk umum dan semua pengunjung dapat mendaftar tanpa dipungut biaya.

Total hadiah yang diperebutkan setiap harinya mencapai Rp 25 juta.

“Selama acara F8 berlangsung, kompetisi esport ini akan memberikan total hadiah sebesar Rp 25 juta setiap harinya,” tambahnya.

Pos terkait