Delegasi Pemuda Singapura Ikut Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI di Makassar

Gambar Gravatar
Delegasi Pemuda Singapura Ikut Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI di Makassar
Delegasi Pemuda Singapura Ikut Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI di Makassar

MAKASSAR,- Youth City Changers menjadi salah satu kegiatan yang diadakan dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XVI di Kota Makassar.

Hal menariknya, Youth City Changers tidak hanya diikuti oleh ratusan pemuda dari 98 kota di Indonesia yang merupakan peserta APEKSI, tetapi juga melibatkan delegasi pemuda dari Singapura.

Keterlibatan delegasi pemuda Singapura ini berkat inisiasi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar, Andi Pattiware.

Bacaan Lainnya

Beberapa waktu yang lalu, Danny Pomanto bertemu dengan Menteri Pendidikan Singapura, Chan Chun Sing, dan mengundangnya untuk mengikuti Youth City Changers APEKSI di Kota Makassar.

“Andi Pattiware mengatakan, ‘Alhamdulillah kami sudah mendapatkan konfirmasi bahwa National Youth Council Singapura akan mengirimkan lima orang delegasi pemuda dari sana’,” pada Rabu (5/07/2023).

Kehadiran delegasi pemuda Singapura dalam acara Youth City Changers, menurut Andi Pattiware, memberikan sudut pandang baru dalam mencari solusi terhadap masalah kepemudaan yang terjadi terutama di negara maju seperti Singapura.

“Mereka akan berpartisipasi dalam forum diskusi untuk membahas isu-isu kepemudaan bersama pemuda-pemuda di Indonesia,” tambahnya.

Muhammad Dasysyara Dahya, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora, menjelaskan bahwa peserta Youth City Changers akan dibagi menjadi empat komisi.

Delegasi pemuda dari Indonesia dan Singapura akan membahas empat tema, yaitu digitalisasi, pemimpin masa depan, pemberdayaan, dan keberlanjutan.

“Masing-masing komisi akan mempresentasikan status quo atau kondisi di daerah mereka masing-masing, dan pemuda dari kota lain akan memberikan tanggapan terhadapnya. Apakah pernah terjadi dan solusinya seperti apa,” jelasnya.

Hasil dari forum diskusi ini, kata Dee (panggilan akrabnya), akan disampaikan pada saat puncak acara Rakernas APEKSI XVI di hadapan 98 wali kota di Indonesia.

“Mereka akan menyusun draf poin dan hasilnya akan dibacakan saat acara puncak Rakernas APEKSI. Jadi teman-teman pemuda akan menyampaikan apa yang selama ini menjadi permasalahan di kota masing-masing,” tutupnya.

Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI akan diadakan di Tokka Tena Rata Kabupaten Maros pada tanggal 10-11 Juli 2023 mendatang, dengan tema ‘Kolaborasi Kaum Muda untuk Indonesia Kuat’. Acara ini akan menghadirkan empat pembicara, yaitu Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto

Pos terkait