Danny Pomanto Sudah Kantongi Status IPRO Buat Japparate, Pra Bidding Ke Investor

Gambar Gravatar
Danny Pomanto Sudah Kantongi Status IPRO Buat Japparate, Pra Bidding Ke Investor
Danny Pomanto Sudah Kantongi Status IPRO Buat Japparate, Pra Bidding Ke Investor

MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Danny Pomanto meluncurkan Pra Tender proyek Japparate Commercial and Tourism Center (JCTC).

Peluncuran Pra Tender ini diselenggarakan bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSIS) XVI, MIF 2023 yang diadakan di Hotel Claro, Jumat (14/7/2023).

Danny Pomanto mengungkapkan bahwa proyek JCTC telah memperoleh Investment Project Ready to Offer (IPRO) dari pemerintah pusat.

Bacaan Lainnya

IPRO ini merupakan status yang menunjukkan bahwa proyek tersebut telah bersih dan jelas serta dapat dipastikan minim masalah, sehingga siap ditawarkan kepada para investor.

“Dalam daftar IPRO, artinya Japparate ini proyek yang siap untuk dilelang,” ucapnya.

Meskipun menurut Danny, Japparate masih menunggu satu peraturan daerah (perda), secara keseluruhan seperti izin Amdal, sertifikasi lokasi, dan izin lainnya sudah selesai.

Proyek Japparate ini juga menarik minat dari beberapa negara, dengan Korea Selatan menjadi negara yang paling berpotensi.

“Saya mendapat informasi bahwa peluang terbesar datang dari Korea Selatan,” ungkapnya.

Selain itu, ada enam negara lain yang tertarik dengan Japparate, antara lain Belanda, Inggris, Italia, Rusia, Jepang, dan Taiwan.

Direktur Promosi Daerah di Kementerian Investasi, Saribua Siahaan, memberikan dukungan penuh terhadap proyek Japparate agar dapat menarik minat investor.

“Kami akan memastikan bahwa semua izin telah terurus dengan baik agar investor di Makassar tidak terganggu. IPRO-nya telah diterbitkan. IPRO ini memberikan keyakinan kepada investor untuk berinvestasi tanpa rasa takut,” ungkapnya.

Namun demikian, setelah ada investor, Saribua menekankan pentingnya kolaborasi antara investor dan pemerintah setempat. “Tidak boleh sampai semua pekerja diambil dari luar. Kita harus memberdayakan tenaga kerja lokal juga,” tambahnya.

Diketahui, Japparate adalah salah satu proyek strategis di Kota Makassar. Japparate adalah jembatan layang tiga lantai yang direncanakan akan dibangun di kawasan Anjungan Pantai Losari sepanjang 1,6 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp5 triliun.

Selain Japparate, Danny Pomanto juga akan menawarkan proyek Elevated Road yang merupakan kelanjutan dari tol layang pettarani. Proyek ini akan terhubung dengan Anjungan Pantai Losari dengan panjang jalan sekitar 22-24 km.

“Proyek ini akan mengelilingi Makassar dan terhubung dengan Pantai Losari. Ini merupakan investasi yang sangat menarik,” tutupnya.

Pos terkait