Danny Pomanto Dorong Peningkatan Pelayanan RSUD Daya, Rebut Kembali Akreditasi Paripurna

Gambar Gravatar
Danny Pomanto Dorong Peningkatan Pelayanan RSUD Daya, Rebut Kembali Akreditasi Paripurna
Danny Pomanto Dorong Peningkatan Pelayanan RSUD Daya, Rebut Kembali Akreditasi Paripurna

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto), terus mendorong peningkatan layanan di RSUD Daya Kota Makassar untuk mendapatkan kembali akreditasi paripurna.

Terutama pada periode pertama kepemimpinan Wali Kota Danny Pomanto pada tahun 2018, RSUD Daya Kota Makassar berhasil mendapatkan akreditasi paripurna atau predikat bintang lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) RI.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Danny Pomanto saat menerima Tim Survei LAM KPRS (Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit) dalam rangka penilaian akreditasi RSUD Daya Kota Makassar di Aula RSUD Daya Kota Makassar pada hari Senin (7/08/2023).

Bacaan Lainnya

“Dengan harapan bahwa kita bisa mencapai standar tertinggi (predikat bintang lima/paripurna), setiap kali kami mengunjungi RSUD Daya, kami selalu menekankan peningkatan standar pelayanan,” ujar Danny Pomanto.

Danny Pomanto mengamati bahwa ada banyak perubahan yang telah dilakukan oleh direksi RSUD Daya Kota Makassar dalam upaya meningkatkan kualitas layanan.

Perubahan tersebut terlihat dari berbagai langkah yang telah diambil oleh rumah sakit. Mulai dari perbaikan kondisi keuangan rumah sakit yang semakin membaik dengan eliminasi utang.

Kebersamaan yang kuat antara dokter-dokter, serta pemberian layanan maksimal kepada pasien yang datang untuk berobat, semuanya terlihat jelas. Terutama saat menghadapi pandemi Covid-19.

“Kami saat ini memberikan layanan yang baik, meskipun kami masih berharap agar bisa terus ditingkatkan. Akreditasi ini adalah evaluasi terhadap kualitas layanan kami,” tambahnya.

Dengan perbaikan yang terus menerus dalam kualitas layanan, Danny Pomanto berharap bahwa dalam sisa masa jabatannya, RSUD Daya akan berhasil meraih predikat bintang lima dengan akreditasi paripurna.

“Kami memang membutuhkan akreditasi, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana akreditasi tersebut menjadi simbol dari kualitas layanan kami,” ungkapnya.

Tidak hanya melibatkan Tim Survei LAM KPRS dalam proses wawancara, Danny Pomanto juga secara pribadi meninjau layanan di RSUD Daya Kota Makassar dan merasa terkesan dengan perubahan yang telah terjadi.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Dirut RSUD Daya Kota Makassar, Achmad Asyarie, yang berharap bahwa rumah sakit tersebut dapat kembali meraih predikat bintang lima/akreditasi paripurna dari KARS RI.

“Saatu ini, kami memiliki akreditasi utama atau predikat bintang empat. Kami berharap dapat naik satu tingkat lagi menjadi paripurna,” harap Asyarie.

Seperti yang telah diumumkan, Tim Survei LAM KPRS berencana untuk melakukan evaluasi terhadap mutu layanan yang ada di RSUD Daya Kota Makassar selama dua hari, yakni pada tanggal 7-8 Agustus 2023. Tim tersebut terdiri dari dr. Sriwati Palaguna, ns. Nuraliah, dan apt. Jolanda Widiastuti.

Pos terkait