Danny Pomanto Dampingi KASAU-Danlanud Resmikan Baseops Baru Lanud Sulhas

Gambar Gravatar
Danny Pomanto Dampingi KASAU-Danlanud Resmikan Baseops Baru Lanud Sulhas
Danny Pomanto Dampingi KASAU-Danlanud Resmikan Baseops Baru Lanud Sulhas

MAROS – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menemani Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Danlanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Benny Arfan, dalam meresmikan Baseops Lanud Sultan Hasanuddin (Sulhas) pada hari Rabu, 30 Agustus 2023.

Ramdhan Pomanto, yang akrab dipanggil Danny Pomanto, mendampingi sepanjang rangkaian acara mulai dari penjemputan KASAU hingga peresmian kantor baru Lanud Sulhas tersebut.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (DISPENAU), Marsma TNI R. Agung Sasongkojati, menjelaskan bahwa Baseops ini memiliki peran ganda sebagai pusat kegiatan penerbangan militer dan tempat pembuatan rencana penerbangan serta latihan penerbangan.

Bacaan Lainnya

Fasilitas ini juga berfungsi sebagai tempat briefing cuaca dan penerbangan. Di samping itu, Baseops melayani sebagai ruang tunggu bagi penumpang dan awak pesawat, termasuk tempat untuk pemeriksaan X Ray bagi muatan kargo dan pengangkutan barang logistik dalam situasi darurat seperti bencana.

“Secara garis besar, ini berkaitan dengan aspek pertahanan dan penerbangan sipil,” jelasnya.

Dengan demikian, tujuan utamanya adalah memberikan fungsi ganda dalam mengatur kegiatan penerbangan di pangkalan udara tersebut.

Baseops juga menjalin kerja sama dengan pihak Baseops sipil di Sulhas, keduanya bekerja sama untuk memastikan keselamatan penerbangan.

Peresmian kantor Baseops baru di Lanud Sulhas ini ditandai dengan pemencetan tombol secara bersamaan. Selain itu, juga ada atraksi tiga pesawat jet yang terbang di udara untuk memeriahkan acara tersebut.

Pos terkait