Bupati Gowa Raih Satyalancana Wira Karya Bangga Kencana

Gambar Gravatar
Bupati Gowa Raih Satyalancana Wira Karya Bangga Kencana
Bupati Gowa Raih Satyalancana Wira Karya Bangga Kencana

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, kembali menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI, Joko Widodo. Setelah sebelumnya meraih penghargaan di bidang pertanian, kini Bupati Gowa juga meraih penghargaan di bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Penghargaan ini diberikan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-30 tahun 2023 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, pada hari Kamis (6/7).

Bupati Adnan mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. Ia menyatakan bahwa penghargaan ini dapat dicapai berkat kerjasama dari semua pihak, terutama jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa.

Bacaan Lainnya

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama sehingga kami semua dapat menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya Bangga Kencana dengan hasil yang memuaskan. Kami berterima kasih kepada Dinas PPKB dan seluruh jajaran, koordinator wilayah, penyuluh, PPKBD dan Sub PPKBD, serta semua pihak yang terlibat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Adnan menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Gowa memiliki komitmen penuh dalam Program Bangga Kencana dan Penurunan Angka Stunting. Salah satu langkahnya adalah dengan membentuk Kampung KB sejak tahun 2016, yang saat ini telah hadir di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa.

“Ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas,” ujarnya.

Untuk mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Gowa, Adnan menyebutkan bahwa sejumlah program telah dilakukan, termasuk Pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di tingkat kabupaten, kecamatan, desa, dan kelurahan.

“Pemerintah Kabupaten Gowa memiliki 590 Tim Pendamping Keluarga (TPK) dengan total anggota 1.770 orang untuk memberikan pendampingan kepada sasaran, calon pengantin, ibu hamil, dan nifas serta balita,” jelasnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa, Sofyan Daud, menjelaskan bahwa Bupati Gowa selama ini terus mendukung Program Pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

“Terjadi peningkatan penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) selama kepemimpinan Bupati Gowa. Awalnya, Kabupaten Gowa hanya mencapai 7,5 persen, namun sekarang sudah mencapai lebih dari 20 persen,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Gowa juga telah membentuk Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di seluruh desa dan kelurahan. Selain itu, terdapat inovasi lain dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Gowa, yaitu Gerakan Atasi Stunting dengan telur dan kelor pada 1.000 Hari Pertama Kelahiran (HPK), yang juga telah diterapkan di 167 desa dan kelurahan.

“Gerakan Atasi Stunting ini melibatkan pemberian makanan tambahan berprotein tinggi kepada balita dan ibu hamil yang mengalami kekurangan energi kronis. Penyediaan bahan pangan lokal dilakukan melalui kerjasama dengan semua SKPD, kecamatan, desa, kelurahan, dan swasta,” tutupnya.

Meraih penghargaan Satyalancana Wira Karya Bangga Kencana ini bukanlah hal yang mudah. Bupati Gowa harus melewati berbagai proses dan tahapan sebelum akhirnya berhasil meraih salah satu penghargaan tertinggi dari Presiden ini.

Pos terkait