Biografi The 1975, Band Inggris yang Viral Setelah Penampilannya Dibubarkan Karena Vokalis Kritik UU anti-LGBT di Malaysia

Gambar Gravatar
The 1975
Biografi The 1975, Band Inggris yang Viral Setelah Penampilannya Dibubarkan Karena Vokalis Kritik UU anti-LGBT di Malaysia

MAKASSAR, FARMANDEH.NET— Baru-baru ini, aksi kontroversial The 1975 di Good Vibes Festival di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada Jumat (21/7/2023) viral dan menjadi perbincangan publik internasional.

Aksi tidak biasa yang dilakukan Sang vokalis, Matty Healy menyebabkan penghentian konser dan pembatalan festival. Diketahui, Matty Healy berpidato yang isinya mengkritik pemerintah Malaysia karena mengkriminalisasi hubungan sesama jenis dan LGBTQ+.

Dalam pidatonya, Healy menyuarakan ketidaksetujuannya terhadap hukuman dan diskriminasi yang diberlakukan oleh pemerintah terhadap komunitas LGBTQ+ di negara tersebut.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Berkenalan dengan Bring Me the Horizon, Band Cadas Inggris yang Populer di Indonesia dan Akan Konser di Tanah Air

Pidato ini menimbulkan kontroversi dan kemarahan dari pihak berwajib setempat. Healy juga terlihat tampil dengan perilaku yang kontroversial seperti memegang sebotol wine, menyalakan rokok, dan meludah di atas panggung.

Setelah itu, dia dan bassis Ross MacDonald terlibat dalam adegan berciuman sambil membawakan lagu “I Like America & America Likes Me.” Akibat aksi kontroversial tersebut, pihak berwajib mengambil tindakan untuk menghentikan penampilan The 1975 di tengah acara.

Selain itu, festival yang rencananya berlangsung selama tiga hari juga terpaksa dibatalkan pada Sabtu (22/7/2023). Pembatalan ini juga berdampak pada penyanyi lainnya yang seharusnya tampil di Malaysia, seperti The Strokes, The Kid Laroi, DPR LIVE + DPR IAN, Peach Tree Rascals, dan LeeHi.

Baca juga: Lagu Viva La Vida Anti-Islam? Sebenarnya Tentang Revolusi Prancis dan Penyesalan Raja Louis XVI

Kabar terbarunya, The 1975 juga telah memutuskan untuk membatalkan konser-konser mendatang yang seharusnya dilaksanakan di Indonesia dan Taiwan setelah penampilan mereka di Malaysia dihentikan.

Siapa sih The 1975 yang dengan berani melakukan aksi kontoversial tersebut? Di kesempatan ini kami akan menyajikan biografi dari The 1975 agar bisa mengenal lebih dekat dengan band ternama tersebut.

Biografi The 1975

The 1975 merupakan band asal Inggris yang terus berkembang dengan gaya musik dance-rock yang asyik dan sentuhan artistik dalam musik elektronika dan pop. Mereka pertama kali muncul dengan album “The 1975” pada tahun 2013.

Debut album tersebut membawa mereka menjadi bintang internasional dengan mencapai puncak tangga lagu di Inggris dan peringkat 30 besar di Billboard 200. Keberhasilan mereka berlanjut dengan album “I Like It When You Sleep, For You Are So Beautiful Yet So Unaware of It” pada tahun 2016.

Baca juga: Selain Coldplay, Ini 5 Band Luar Negeri yang Akan Manggung di Indonesia Tahun 2023

Album kedua The 1975 itu mencapai nomor satu di Inggris dan Amerika Serikat. Mereka terus mencapai kesuksesan dengan album-album berikutnya, seperti “A Brief Inquiry Into Online Relationships” pada 2018 dan “Notes on a Conditional Form” pada 2020.

Meski pun terus mencapai kesuksesan, The 1975 tetap bereksperimen dengan suara mereka dan terus menggabungkan berbagai estetika pop dalam karya mereka. Awalnya, anggota The 1975 bertemu saat bersekolah di Wilmslow, Cheshire, di pinggiran kota Manchester pada tahun 2002.

Mereka mulai tampil di acara-acara lokal dan merilis beberapa EP sebelum akhirnya merilis album debut mereka pada tahun 2013. Dari situlah, popularitas mereka terus berkembang, membawa mereka ke panggung internasional.

Pada tahun 2022, mereka merilis album penuh kelima mereka yang berjudul “Being Funny in a Foreign Language,” yang terus mengeksplorasi dan menjembatani berbagai suara eksperimental yang telah mereka coba sebelumnya.

Baca juga: Sebelum Nonton Konsernya, Tahu Dulu 5 Fakta Unik Coldplay

Kisah sukses The 1975 ini menandakan bagaimana mereka telah mengalami evolusi artistik yang menarik dan konsisten sepanjang karier mereka, membuat mereka menjadi salah satu band terkemuka dari Inggris.

The 1975 telah meraih berbagai penghargaan dan pengakuan atas karya musik mereka, dan mereka terus menjadi salah satu band paling berpengaruh di industri musik modern. Mereka dikenal karena pendekatan artistik mereka yang inovatif.

Mereka juga terus bereksperimen dengan berbagai gaya musik, yang akhirnya menjadikan mereka sukses dalam menghadirkan musik yang segar dan relevan bagi para penggemarnya.

The 1975 – I’m in Love With You

Gambar Gravatar

Penulis partikelir. Menulis apa saja yang terkait politik dan budaya pop.

Pos terkait