Dari Makassar, Bima Arya Sampaikan 3 Pesan Penting di Rakernas APEKSI

Gambar Gravatar
Dari Makassar, Bima Arya Sampaikan 3 Pesan Penting di Rakernas APEKSI
Dari Makassar, Bima Arya Sampaikan 3 Pesan Penting di Rakernas APEKSI

MAKASSAR, — Bima Arya, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (APEKSI), mengatakan bahwa dia telah berada di Kota Makassar selama empat hari untuk menghadiri seluruh acara APEKSI XVI.

Pernyataan tersebut dia sampaikan saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakernas APEKSI ke XVI, yang berlangsung di Upperhils pada hari Rabu (12/7/2023).

Selama empat hari tersebut, Wali Kota Bogor ini menjelajahi Kota Makassar dan merasa sangat nyaman. Karenanya, dia menganggap kota ini nyaman berkat keahlian dan inovasi dari Wali Kotanya.

Bacaan Lainnya

“Pak Danny Pomanto, seorang pemimpin yang selalu menampilkan sesuatu yang spektakuler. Jika ada acara, dia mampu menyajikan hal-hal yang luar biasa. Saya sudah berada di sini selama empat hari. Mulai dari lokasi kegiatan hingga makanan yang disajikan di Kota Makassar, semuanya sungguh luar biasa,” ucapnya.

Tidak mengherankan, menurut Bima, Danny Pomanto selalu menyajikan hal-hal baru untuk menyambut tamu-tamunya.

Selain itu, dalam sambutannya, dia mengatakan bahwa Rakernas APEKSI ini bukan hanya tentang tarian, ekspresi, dan seni, tetapi juga merupakan tempat di mana aspirasi bisa berkolaborasi.

Dia menyampaikan bahwa ada tiga pesan penting yang akan dibahas dalam rapat kerja APEKSI bersama 98 Wali Kota di Indonesia.

Pertama, kunci APEKSI harus konsisten dalam menjaga otonomi daerah dengan tujuan menciptakan kemakmuran bagi warga, bukan berdasarkan kekuasaan dan kewenangan.

Kedua, optimisme dalam rangka persiapan Indonesia menjadi negara terbaik pada tahun 2045.
“Kita harus optimis untuk masuk dalam lima besar negara terbaik di dunia pada tahun 2045. Kita harus mempersiapkan anak-anak kita sebaik mungkin sejak dini,” ungkapnya.

Ketiga, dia menekankan pentingnya menjaga keselarasan antara semangat politik dengan pembangunan di seluruh daerah.
“Saya harap, meskipun dalam tahun politik, kita harus tetap menjaga pembangunan daerah yang terkoordinasi dengan baik dengan pusat. Pembangunan tidak boleh terhambat karena faktor politik,” harapnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, konsep panggung APEKSI adalah melingkar, yang menunjukkan keselarasan dengan slogan APEKSI, yaitu duduk bersama membangun sinergi untuk Indonesia.

“Dan mengapa seluruh Wali Kota berada di belakang dan di depan para tamu? Itu menandakan bahwa Wali Kota sebagai pemimpin yang lebih mengutamakan masyarakat daripada dirinya sendiri. Jadi, semuanya memiliki makna. Itulah kegiatan APEKSI,” pungkasnya.

Pos terkait