Bentor Hasil Inovasi Rektor UNM Disumbangkan ke Penyandang Disabilitas Asal Majene Sulbar

Gambar Gravatar
Bentor Hasil Inovasi Rektor UNM Disumbangkan ke Penyandang Disabilitas Asal Majene Sulbar
Bentor Hasil Inovasi Rektor UNM Disumbangkan ke Penyandang Disabilitas Asal Majene Sulbar

MAKASSAR – Salah satu inovasi yang dihasilkan oleh Profesor Husain Syam, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), yakni bentor motor atau disebut juga sebagai Bentor, ternyata memberikan banyak manfaat berarti bagi masyarakat.

Contohnya adalah pengalaman Yahya, seorang warga dari Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, yang memiliki keterbatasan fisik. Ia berhasil mengambil manfaat dari Bentor yang diciptakan oleh Profesor Husain Syam untuk memulai usaha.

Berdasarkan hal tersebut, Profesor Husain Syam dengan penuh keikhlasan menyumbangkan hasil karyanya kepada penyandang disabilitas seperti Yahya. Sumbangan tersebut dimaksudkan agar alat yang diciptakan tersebut dapat membantu mereka dalam mencari penghasilan sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Penyerahan Bentor tersebut dilakukan oleh Rektor UNM dalam acara peringatan Dies Natalis ke-62, yang dihadiri juga oleh Profesor Bakhrani Rauf selaku Ketua LP2M UNM, dan Profesor Muhammad Yahya selaku Ketua Panitia Dies Natalis. Acara tersebut berlangsung di Ballroom Teater Lantai 3 Gedung Menara Pinisi pada Jumat (25/8/2023).

Dengan penuh harapan, Rektor UNM, yang akrab dipanggil PHS, berharap bahwa penyandang disabilitas yang menerima sumbangan ini dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Terutama bagi Yahya, yang kesehariannya terbatas karena kehilangan kaki kirinya, sehingga ia menggunakan tongkat untuk membantu ibunya berjualan ketupat lontong sayur di pasar.

PHS menambahkan, “Kami berharap Yahya sukses terus dalam berwirausaha. Bentor motor ini sangat cocok untuk usaha bergerak karena dilengkapi dengan rak jualan di bagian belakang.”

Sebagai informasi tambahan, Bentor yang disumbangkan oleh Rektor UNM memiliki desain atap yang terinspirasi dari model menara Pinisi, suatu ikon yang pernah dipamerkan dalam acara pameran pendidikan sehubungan dengan peringatan Dies Natalis ke-62 UNM pada tanggal 7-10 Agustus 2023 yang lalu.

Pos terkait