Atasi Limbah Domestik, DPU Makassar Bangun Bak Instalasi IPAL di Bontorannu

Gambar Gravatar
Atasi Limbah Domestik, DPU Makassar Bangun Bak Instalasi IPAL di Bontorannu
Atasi Limbah Domestik, DPU Makassar Bangun Bak Instalasi IPAL di Bontorannu

Tim Teknis Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bersama Pejabat Pembuat Komitmen Teknis (PPTK) sanitasi telah melakukan kunjungan lapangan untuk memeriksa kesiapan pelaksanaan pengecoran bak Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di Kelurahan Bontorannu, Kecamatan Mariso.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, 8 Agustus 2023, sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kota Makassar dalam meningkatkan infrastruktur sanitasi di wilayah tersebut.

Hamka Darwis, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengolahan Air Limbah (UPT PAL) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Makassar, dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa IPAL komunal yang direncanakan akan dibangun di Kelurahan Bontorannu mempunyai tujuan utama untuk mengolah air limbah domestik dari sekitar 150 rumah warga masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Proyek ini dimulai sebagai tindakan strategis untuk mengatasi masalah limbah domestik di daerah tersebut.

“Proyek IPAL komunal ini merupakan bagian dari usaha kami dalam meningkatkan kualitas sanitasi di Kelurahan Bontorannu. Dengan mengelola air limbah domestik dari sekitar 150 rumah, kami berharap lingkungan sekitar dapat terhindar dari dampak negatif akibat pembuangan limbah yang tidak teratur,” ujar Hamka Darwis.

Dalam proyek ini, pendanaan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Terintegrasi Tahun Anggaran 2023. Ini menunjukkan tekad pemerintah untuk mengalokasikan anggaran yang memadai untuk pengembangan infrastruktur sanitasi guna meningkatkan kualitas hidup warga.

Proses pengecoran bak IPAL komunal diharapkan akan segera dimulai setelah persiapan teknis dan administratif selesai.

Diharapkan bahwa kehadiran IPAL komunal ini akan membuat Kelurahan Bontorannu menjadi contoh positif dalam pengelolaan limbah domestik yang ramah lingkungan.

Proyek ini tidak hanya akan memberikan manfaat dalam aspek sanitasi, tetapi juga akan berdampak positif pada kesehatan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan di masa depan.

Pos terkait