Jadi Narasumber, Adnan Berikan Motivasi Pendidikan Terhadap Ratusan Siswa Madrasah Arifah Gowa

Gambar Gravatar
Jadi Narasumber, Adnan Berikan Motivasi Pendidikan Terhadap Ratusan Siswa Madrasah Arifah Gowa
Jadi Narasumber, Adnan Berikan Motivasi Pendidikan Terhadap Ratusan Siswa Madrasah Arifah Gowa

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, memberikan pesan kepada seluruh orang tua siswa agar terus memberikan dukungan dan bimbingan kepada anak-anak mereka.

Pernyataan tersebut diucapkan saat ia membuka dan menjadi narasumber dalam Seminar Pendidikan Nasional dengan tema “Peran Siswa dan Orang Tua pada Era 5.0 dalam Pembentukan Karakter Al-Qur’an dan Budaya Positif” di Baruga Madrasah Arifah Gowa, Kecamatan Pallangga, Minggu (23/7).

“Ibu bapak harus menjadikan anak-anak sebagai teman dan menjadi tempat curhat bagi mereka serta memberikan bimbingan sejak sekarang,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ia menegaskan bahwa pendidikan melibatkan semua pihak, tidak hanya guru dan sekolah, melainkan peran orang tua juga sangat penting.

“Peran orang tua dalam proses pendidikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, baik dalam aspek moral maupun intelektual. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi orang tua untuk menjadi teman bagi anak-anak mereka dalam berbagai hal, terutama dalam pendidikan,” jelasnya.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Adnan juga menyampaikan bahwa Indonesia pada tahun 2045 akan mengalami bonus demografi, yang merupakan peluang strategis untuk percepatan pembangunan. Namun, hal ini hanya dapat terwujud jika didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Oleh karena itu, Adnan menekankan bahwa pembentukan SDM harus dimulai sejak dini, agar mampu berkontribusi dalam meraih Indonesia Emas tahun 2024.

“Dalam menghadapi era 5.0, siswa-siswa kita perlu memiliki kemampuan berliterasi. Hal ini menjadi bekal penting untuk menciptakan generasi emas pada tahun 2045 melalui pendidikan karakter. Namun, yang terpenting adalah keterlibatan berbagai pihak terkait dalam pendidikan, termasuk orang tua, sehingga dapat terwujud jika semua pihak peduli dan aktif berperan serta,” tegasnya.

Dengan adanya seminar nasional ini, ia berharap akan lahir SDM unggul yang akan memajukan wilayah dan menjadi pemimpin di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, maupun di seluruh Indonesia pada masa mendatang.

Pos terkait