56 Kota Se-Indonesia Ramaikan Karnaval Budaya APEKSI di Makassar

Gambar Gravatar
56 Kota Se-Indonesia Ramaikan Karnaval Budaya APEKSI di Makassar
56 Kota Se-Indonesia Ramaikan Karnaval Budaya APEKSI di Makassar

MAKASSAR,- Sebanyak 56 kota di Indonesia ikut serta dan memeriahkan pementasan karnaval budaya yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI di Kota Makassar.

Ribuan orang memadati Jalan Penghibur yang menjadi pusat acara karnaval budaya pada Rabu (12/7/2023) malam.

Acara ini menampilkan kekayaan budaya dan keberagaman suku di Indonesia yang ingin ditunjukkan oleh Kota Makassar kepada dunia.

Bacaan Lainnya

Setiap kota memperlihatkan busana adat khas daerah mereka yang unik dan menawan. Para peserta mengenakan pakaian tradisional yang mencerminkan identitas budaya dan keindahan warisan nenek moyang mereka.

Rute karnaval berlangsung sepanjang Jalan Penghibur, dimulai dari depan Masjid Amirul Mukminin hingga Serambi Dekranasda. Ribuan warga Makassar menyaksikan dan memberikan sambutan hangat kepada peserta karnaval yang tampil dengan bangga.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengungkapkan kegembiraannya atas antusiasme dan partisipasi dari 56 kota di Indonesia dalam acara ini.

Dia menyatakan bahwa karnaval budaya ini merupakan bentuk penghargaan terhadap warisan budaya bangsa dan sebagai platform untuk memperkuat persatuan dan kerja sama antar kota di Indonesia.

“Kegiatan APEKSI juga menjadi momen penting untuk mempromosikan potensi pariwisata, seni, dan budaya dari masing-masing kota. Dengan berbagi pengalaman dan kekayaan budaya, diharapkan dapat memperkuat sektor pariwisata di Indonesia dan meningkatkan pemahaman antar suku dan daerah,” ungkap Danny Pomanto, panggilan akrabnya.

Ketua Umum APEKSI, Bima Arya, juga menyampaikan apresiasi serupa. Pementasan karnaval budaya ini dianggap sebagai momen dan implementasi dari semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

“Berbagai warna bersatu malam ini. Seluruh suku berkumpul mengenakan pakaian adat mereka, malam ini seluruh wali kota seperti raja dan sultan. Kita bangga dengan keberagaman suku yang menyatukan kita,” jelas Bima Arya.

Dalam rangkaian karnaval budaya ini, juga dipertunjukkan Tari Mappaempo Gau. Tarian ini cukup istimewa karena jarang ditampilkan dalam setiap acara besar di Kota Makassar.

Selain itu, ada juga Marching Band yang memukau penonton dengan keahlian 69 anggotanya di hadapan ribuan orang yang hadir.

Dengan meriahnya pementasan karnaval budaya ini, Kota Makassar semakin membuktikan diri sebagai tuan rumah yang sempurna untuk acara besar.

Diharapkan kegiatan karnaval budaya ini menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia untuk menyelenggarakan acara serupa dan menjaga kekayaan budaya bangsa.

Pos terkait