5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Mental, Salah Satunya Mengurangi Stres!

Gambar Gravatar
Gold d Roger Tertawa
5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Mental, Salah Satunya Bisa Mengurangi Stres!

MAKASSAR, FARMANDEH.NET— Manfaat tertawa untuk kesehatan mental ternyata sangat banyak. Ungkapan “tawa adalah obat terbaik,” ternyata ada benarnya. Karena tertawa memiliki manfaat terapeutik dengan efek yang dapat dirasakan khususnya untuk kesehatan mental.

Cobalah untuk mencari momen untuk tertawa setiap hari, entah itu dengan menonton komedi, berbicara dengan teman-teman, atau mengikuti kegiatan yang mengundang tawa. Saat Anda tertawa karena sebuah  lelucon, Anda akan merasakan bagaimana humor dan kesehatan mental berjalan seiring.

Berikut 5 manfaat tertawa dari aspek kognitif yang dilansir dari taylorcounselinggroup.com,  dan rasakanlah manfaat tertawa untuk kesehatan mental baik manfaat jangka pendek dan jangka panjang. Silakan dibaca

Bacaan Lainnya

Manfaat Tertawa: Mengurangi Stres

Tertawa dapat meredakan stres. Ketika Anda tertawa, respons stres Anda menjadi tenang sementara detak jantung dan tekanan darah Anda meningkat dan kemudian menurun. Hasilnya adalah perasaan rileks yang dapat mengatasi stres dengan segera dan membuat Anda merasa lebih baik.

Dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, tertawa dapat membantu melindungi Anda dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Selain itu, tertawa juga dapat menurunkan hormon stres sekaligus meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh dan antibodi pelawan infeksi, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit.

Manfaat Tertawa: Meningkatkan Suasana Hati

Tertawa meningkatkan pelepasan endorfin di otak Anda dan dapat mengubah aktivitas dopamin dan serotonin. Zat kimia alami yang membuat Anda merasa senang ini meningkatkan rasa bahagia dan meringankan rasa sakit fisik untuk sementara waktu.

Dengan lebih banyak tertawa, Anda dapat mengurangi stres, depresi, dan kecemasan, serta memperbaiki pola pikir Anda. Penguat suasana hati alami ini dapat meningkatkan energi dan membantu Anda tetap fokus.

Pikiran negatif bermanifestasi menjadi reaksi kimia yang dapat mempengaruhi tubuh Anda dengan membawa lebih banyak stres  dan menurunkan kekebalan tubuh Anda. Sebaliknya, tertawa melepaskan bahan kimia yang mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Tertawa: Meredakan Ketegangan

Tertawa dapat meredakan ketegangan dalam tubuh dan dapat memberikan kelegaan instan dalam situasi yang tegang. Karena melemaskan otot-otot dan menstimulasi sirkulasi, tawa yang hangat dapat membuat otot-otot Anda merasa rileks hingga 45 menit.

Oleh karena itu, tertawa dapat mengurangi gejala fisik stres dan memberikan kelegaan dalam situasi yang penuh tekanan. Anda tidak akan merasa cemas, marah, atau kesal saat tertawa.

Anda juga dapat menciptakan jarak psikologis dari situasi yang mengancam. Anda akan merasa tidak terlalu terbebani dan lebih siap untuk meredakan konflik dengan tertawa.

Manfaat Tertawa: Meningkatkan Harga Diri

Membuat orang lain bahagia itu menyenangkan. Saat kita melontarkan lelucon dan melihat senyuman di wajah orang yang kita cintai, hal ini dapat memberikan kepuasan pribadi dan meningkatkan harga diri kita.

Karena tertawa menciptakan endorfin dan membantu orang yang tertekan atau merasa tidak nyaman merasa lebih baik, kemampuan untuk menenangkan seluruh ruangan dengan humor dan tawa adalah anugerah yang sesungguhnya.

Manfaat Tertawa: Memperkuat Hubungan

Semakin sering tertawa, Anda dan semua orang di sekitar Anda akan merasa lebih bahagia. Mendekatkan diri dengan orang lain dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional Anda. Tertawa dapat menyatukan orang-orang di saat-saat sulit sekaligus memperkuat ketahanan dan meredam perselisihan.

Dengan terlibat dengan orang-orang di sekitar Anda dan berbagi tawa, Anda dapat menyeimbangkan kembali sistem saraf Anda dan menghentikan respons stres dalam tubuh. Anda akan merasa lebih positif dan rileks serta memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menangani situasi yang penuh tekanan.

Humor dan keceriaan akan memperkenalkan hal positif dan menumbuhkan hubungan emosional. Anda akan menjaga hubungan Anda tetap segar dan menyenangkan serta membangun ikatan emosional yang langgeng dengan orang lain dengan berbagi tawa.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika tertawa adalah cara alami untuk menjaga keseimbangan dan kesejahteraan mental dan emosional. Jadi, cobalah untuk menemukan alasan untuk tertawa setiap hari!

Dengan terus mencari momen untuk tertawa setiap hari, Anda dapat memanfaatkan manfaat kognitif ini untuk meningkatkan kesehatan mental dan emosional Anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Tertawa membawa kebahagiaan, meringankan beban, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Oleh karena itu, mari selalu cari kesempatan untuk tertawa dan berbagi keceriaan dengan orang-orang di sekitar kita.

Gambar Gravatar

Penulis partikelir. Menulis apa saja yang terkait politik dan budaya pop.

Pos terkait