10 Tips Gaya Hidup Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Terapkan

Gambar Gravatar
Gaya hidup berkelanjutan
10 Tips Gaya Hidup Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Terapkan

Kami akan membagikan 10 tips gaya hidup ramah lingkungan yang bisa Anda terapkan. Gaya hidup ramah lingkungan, juga dikenal sebagai gaya hidup berkelanjutan adalah cara hidup yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan alam kita.

MAKASSAR, FARMANDEH.NET— Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan akhir-akhir ini menjadi istilah yang trend di masyarakat. Istilah ini merujuk pada agenda masyarakat dunia untuk mengatasi berbagai tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

SDGs sangat erat kaitannya dengan isu-isu lingkungan. Karena tujuannya mencakup aspek-aspek penting untuk melestarikan dan melindungi lingkungan alam kita. Saat ini berbagai negara dan perusahaan di seluruh dunia melakukan upaya untuk menyelesaikan berbagai masalah lingkungan yang dihadapi Bumi.

Bacaan Lainnya

Lalu, apakah kita sebagai individu dapat berkontribusi bagi pelestarian lingkungan? Tentu saja sangat bisa dengan menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan. Gaya hidup ramah lingkungan, juga dikenal sebagai gaya hidup berkelanjutan adalah cara hidup yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan alam kita.

Tujuan dari gaya hidup ini adalah untuk menjaga ekosistem bumi, mengurangi polusi, dan melestarikan sumber daya alam agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Berikut ini kami membagikan 10 tips gaya hidup ramah lingkungan yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Kenali 8 Faktor yang Berdampak pada Kesehatan Mental, Termasuk Masalah Keuangan!

Gaya hidup amah lingkungan: Lakukan penghematan energi

Lakukan penghematan energi dengan mengurangi konsumsi energi secara efisien dan bijaksana saat menggunakan sumber daya energi. Mengurangi konsumsi energi akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Jadi, mulailah dari sekarang untuk  tidak membuang-buang listrik di rumah. Matikan lampu, perangkat elektronik, dan alat-alat listrik yang tidak digunakan. Gunakan lampu hemat energi atau lampu LED yang mengkonsumsi lebih sedikit listrik. Perhatikan penggunaan AC dan pemanas, serta pastikan rumah terisolasi dengan baik.

Gaya hidup ramah lingkungan: Gunakan transportasi ramah lingkungan

Saat bepergian ke kantor atau keluar rumah, cobalah untuk kurangi penggunaan mobil pribadi. Mulailah membiasakan diri dengan berjalan kaki, bersepeda, menggunakan transportasi umum, atau berbagi kendaraan dengan orang lain.

Jika memungkinkan, pertimbangkan kendaraan listrik atau kendaraan hibrida khususnya bagi yang merasa kesulitan untuk berkeliling tanpa mobil. Cobalah untuk mempertimbangkan beralih ke mobil ramah lingkungan dengan dampak lingkungan yang lebih kecil.

Baca juga: Segera Hindari Hubungan Beracun! Kenali 5 Tipe Pasangan Toxic yang Dapat Merusak Kesehatan Mentalmu

Gaya hidup ramah lingkungan: Konsumsi makanan nabati sekali seminggu

Cobalah untuk mengurangi makan daging seminggu sekali dan masukkan makanan nabati ke dalam menu makanan harian Anda. Sebuah gerakan untuk menjadikan satu hari dalam seminggu sebagai hari bebas daging atau Meat Free Monday yang saat ini mulai jadi trend di Inggris dan Jepang.

Industri peternakan dianggap memiliki dampak lingkungan yang signifikan, mengeluarkan gas rumah kaca dan membutuhkan banyak air, lahan, dan biji-bijian. Mengurangi konsumsi daging akan membantu mengurangi beban ekologis ini.

Gaya hidup ramah lingkungan: Ayo meminum kopi berkelanjutan

Anda adalah pecinta lingkungan yang senang minum kopi? Nah, kopi berkelanjutan adalah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Kopi berkelanjutan adalah kopi yang diproduksi dengan mempertimbangkan alam dan manusia, termasuk metode budidaya dan kondisi kerja petani kopi.

Tanda sertifikasi seperti Rainforest Alliance,Bird Friendly, dan Organic JAS Mark menunjukkan jika kopi tersebut diproduksi dengan mempertimbangkan manusia dan lingkungan. Mempertimbangkan hal ini saat membeli dan meminum kopi adalah ide yang bagus.

Baca juga: Inspirasi Gaya Rambut Curtain Bangs dari 5 Artis Korea yang Bisa Anda Coba

Gaya hidup ramah lingkungan: Terapkan pangan berkelanjutan

Cobalah untuk konsumsi pangan dengan mempertimbangkan prinsip pangan berkelanjutan. Tujuannya untuk  mencapai ketahanan pangan jangka panjang, melestarikan keanekaragaman hayati, mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan

Kurangi konsumsi daging dan produk hewani secara keseluruhan. Pertimbangkan untuk mengadopsi pola makan nabati atau menjadi fleksitarian seperti makan daging secara jarang dan selektif. Belilah makanan lokal dan musiman.

Gaya hidup ramah lingkungan: Jangan belanja berlebihan dan buang-buang makanan

Sekitar sepertiga dari makanan yang diproduksi di dunia terbuang sia-sia. Jadi, saat Anda berbelanja, periksa terlebih dahulu makanan di kulkas dan rak-rak Anda untuk menghindari pembelian berlebihan.

Membeli makanan secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya makanan, baik karena tidak menghabiskan semua makanan atau membiarkannya membusuk. Jika Anda tidak dapat menghabiskan semua makanan sekaligus, hindari membuang makanan dengan membekukan makanan.

Baca juga: Butterfly Haircut, Potongan Rambut Perempuan Viral di Tiktok yang Wajib Anda Coba

Gaya hidup ramah lingkungan: Membuat kompos dari sisa makanan

Sisa makanan juga mengeluarkan karbon dioksida saat dibakar, yang membebani lingkungan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengomposkan sisa makanan daripada membuangnya. Pengomposan adalah metode daur ulang di mana sisa makanan difermentasi untuk menghasilkan kompos.

Wadah dapat dibeli di pusat-pusat rumah tangga, secara online, atau Anda bahkan dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan kardus atau bahan lainnya. Selain mengurangi sampah makanan, pengomposan juga berguna sebagai pupuk dan direkomendasikan bagi para tukang kebun di rumah.

Gaya hidup ramah lingkungan: Pilihlah produk fashion etis yang ramah lingkungan

Fashion Etis adalah pemilihan mode dengan mempertimbangkan lingkungan, manusia, dan hewan. Hal ini dilakukan sebagai komitmen kita menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Dengan memilih produk fashion yang etis, Anda juga dapat berkontribusi pada kesejahteraan hewan.

Lebih dari itu, item fashion etis adalah item yang menunjukkan seberapa ramah lingkungan bahan yang diproduksi dan lingkungan kerja seperti apa yang digunakan untuk memproduksi pakaian tersebut. Kunci dari fashion ramah lingkungan adalah dengan mengenakan pakaian tertentu dengan hati-hati agar dapat bertahan lama.

Gaya hidup ramah lingkungan: Cobalah pariwisata berkelanjutan

Pariwisata berkelanjutan mengacu pada perjalanan yang mempertimbangkan lingkungan, budaya, dan ekonomi dari tujuan wisata, serta kehidupan penduduk setempat. Beberapa tur mencakup pembersihan pantai setelah menikmati aktivitas laut.

Faktanya, proyek-proyek yang memungkinkan pengunjung untuk mengalami “rekreasi + pelestarian lingkungan” ini menarik banyak perhatian. Kami menyarankan Anda untuk mencoba memasukkan pariwisata berkelanjutan ke dalam perjalanan Anda di masa depan.

Gaya hidup ramah lingkungan: Berkontribusi dalam komunitas dan kegiatan sukarelawan

Ajak keluarga, teman, dan komunitas Anda untuk juga menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Bergabung dalam kegiatan lingkungan dan berpartisipasi dalam inisiatif yang berfokus pada pelestarian lingkungan.

Anda dapat mencoba kegiatan sukarela seperti pelestarian lingkungan di hari libur Anda. Berbagai kegiatan tersedia, mulai dari memungut sampah hingga menanam pohon dan bunga. Mengapa tidak mencobanya jika Anda memiliki waktu luang?

Gambar Gravatar

Penulis partikelir. Menulis apa saja yang terkait politik dan budaya pop.

Pos terkait